Siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon Juara OSN Tingkat Nasional

Selasa 03-09-2024,12:00 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon, dua siswanya yakni Clement Kevin Tanadi berhasil meraih medali emas Olimpiade Sains Nasional, dan Nathania Jesslyn menjadi finalis OSN yang digelar 26 Agustus sampai 1 September 2024 di Jakarta.

Clement Kevin Tanadi peraih medali emas cabang lomba Informatika menjelaskan, selama mengikuti OSN di Jakarta dirinya mengikuti selama 2 hari.

Dari 2 hari test, kata Clement, hari pertama mengerjakan 3 soal dengan durasi waktunya masing-masing 5 jam. Soal yang diujikan adalah Soal pemrograman dan setiap soal ada sub soal dan masing masing soal memiliki solusinya masing-masing.

“Setiap soal rata rata diselesaikan 1 jam 40 menit,” ujarnya. Begitu juga pada hari kedua Clement mendapatkan 3 soal dengan waktu 5 jam.

BACA JUGA:KDM Soal Jalan Rusak di Daerah: Yang Tak Mampu Diperbaiki Kita Ambil Alih

Namun demikian, Clement membeberkan, Hari pertama dirinya tidak grogi tapi hari kedua sempat grogi karena tidak dapat ide sama sekali, karena grogi Clement sempat ijin ke panitia untuk ke kamar kecil tujuannya untuk menenangkan diri dan akhirnya bisa tenang dan tidak grogi.

Tapi karena performa hari pertama bagus jadi cukup membantu hingga Clement meraih medali emas, karena hari pertama berhasil meraih nilai sempurna yakni angka 300. “Hari pertama saya mendapatkan nilai sempurna 300,” kata Clement.

2

Sementara itu Nathania Jesslyn mengaku mengikuti OSN cabang lomba matematika, dirinya diminta mengerjakan  4 soal dalam waktu 4 jam. Setiap soal  nilainya 0-7, tapi dirinya bisa mendapatkan skor parsial 2-3 point.

Jesslyn menjelaskan pada Hari pertama dirinya menyelesaikan 2,5 soal, dan hari kedua berhasil mengerjakan  2 soal.

BACA JUGA:Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Terseret Arus di Pantai Barat Pangandaran

Apalagi untuk mengerjakan butuh waktu observasi  jadi cukup bertahap setiap mengerjakannya. “Masih penasaran tahun depan ingin ikut lagi OSN,” ujar Jesslyn.

Kepala SMA Santa Maria 1 Cirebon, Drs Ongko Sumedi mengapresiasi capaian prestasi kedua siswanya tampil di ajang OSN. Karenanya, kata Ongko, Sekolah bangga dengan semua proses yang dilakukan Clement dan Jesslyn.

Untuk bisa maju ditingkat nasional, baik Clement maupun Jesslyn telah mengikuti Proses seleksi dari kota, provinsi dan nasional bisa dilalui dan tangguh.

Apalagi keduanya menjadi delegasi Jawa Barat , kota Cirebon dan kebanggaan sekolah dan orang tua. “Anak-anak sangat luar biasa dalam prosesnya digembleng mental juaranya luar biasa,” ujarnya penuh bangga. (abd)

BACA JUGA:Besok Sidang PK 6 Terpidana Kasus Vina Cirebon, Sindi: Saksi Baru Sudah Siap

Kategori :