Kondisi Terkini Pemain Timnas Indonesia, Manajer Ungkap Psikologi dan Kendala Sebelum Lawan Australia

Senin 09-09-2024,07:00 WIB
Reporter : Tatang Rusmanta
Editor : Tatang Rusmanta

RADAR CIREBON - Kondisi terkini pemain Timnas Indonesia diungkap oleh sang manajer, Kombes Pol Sumardji. Seperti diketahui, Indonesia akan menjamu Australia di Gelora Bung Karno (GBK).

Duel Indonesia vs Australia ini merupakan lanjutan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup C. Akan digelar pada Selasa (10/9/2024).

Menurut Sumardji, Skuad Garuda berada dalam kondisi yang baik. Termasuk psikologi para pemain saat ini dalam kondisi yang sangat baik. 

"Kondisi mental para pemain saat ini luar biasa baik. Semoga terus membaik," katanya di sela latihan Timnas di Stadion Madya GBK Jakarta, Minggu (8/9/2024) dilansir dari Beritasatu.

BACA JUGA:Raja Malaysia Ngaku Sahabat Prabowo, Kenal 40 Tahun Lebih, Sama-sama Latihan Militer di AS

Dia mengakui, hasil imbang melawan Arab pada laga sebelumnya telah memengaruhi para pemain. Jumat 6 September lalu, Garuda menahan imbang Arab Saudi 1-1 di di Jeddah.

Hasil ini dinilai sangat memuaskan. Tim besutan Shin Tae-yong menerima banyak pujian.

2

Menahan imbang Arab Saudi yang menempati peringkat 56 FIFA, dianggap sebuah prestasi. Seperti diketahui, saat melawan Arab, Indonesia sendiri ada di peringkat 133 FIFA. 

Tidak hanya itu, Arab Saudi sudah enam kali ikut Piala Dunia dari Asia. Termasuk berpartisipasi di Piala Dunia 2022. "Itu tentu sesuatu yang patut disyukuri," kata Sumardji.

BACA JUGA:Salut dengan Bebotoh, Pemain Baru Persib Mailson Lima Ucapkan Hal Ini

BACA JUGA:Eti Herawati dan Bamunas Boediman, Momen Akrab Sahabat Lama Bertemu

Dia mengungkapkan, kini Jay Idzes dan kawan-kawan sudah jauh lebih siap. Cukup percaya diri jelang menghadapi Australia. 

Namun demikian, dia juga tidak memungkiri, secara fisik para pemain mengalami kelelahan. Terkait fisik pemain, Sumardji menyebut telah dijelaskan oleh Shin Tae-yong.

Menurut Sumardji, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga ikut menyoroti fisik para pemain. Sebab, terasa jauh menurun pada babak kedua ketika melawan Arab.

"Pak Erick Thohir telah berdiskusi dengan pelatih dan saya sebagai ketua BTN (Badan Tim Nasional) mengenai beberapa hal, termasuk evaluasi pertandingan melawan Arab Saudi. Pembahasan ini tidak hanya mengenai performa, tetapi juga hal-hal lainnya, dan semuanya sudah ditindaklanjuti oleh coach STY," jelasnya.

Kategori :