Pemkab Cirebon Akan Bangun Stadion Bola di Timur

Sabtu 14-09-2024,11:00 WIB
Reporter : Cecep Nacepi
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pembangunan Stadion Watubelah belum kunjung selesai. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan kembali membangun stadion bola lainnya di wilayah Kabupaten Cirebon.

Kali ini, pembangunan stadion bola tipe B itu, akan dibangun di wilayah timur Kabupaten Cirebon. Tahapannya sudah dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Cirebon. Bahkan, pengajuan itu, sudah dilakukan sejak tahun 2023 silam.

Diakui oleh Kepala Dispora Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin. Pihaknya sudah  mengirimkan proposal yang diminta Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terkait dengan usulan pembangunan stadion tipe B di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Katanya, Stadion tipe B, akan lebih mirip seperti Stadion Ranggajati, Sumber. "Kita masi menunggu, hasilnya seperti apa dari Kemenpora. Lokasinya, kita inginkan stadion di wilayah timur," kata Ikin Asikin, pada Rabu (11/9/2024).

BACA JUGA:Nelangsa Nelayan Desa Citemu Kala Harga Rajungan Anjlok

Ia mengatakan, lahan untuk pembuatan stadion bola tipe B sudah disiapkan. Hanya ada di Desa Cisaat, Kecamatan Waled yang pihak Desanya sudah menyatakan siap bila dibangun Stadion bola tipe B.

"Desa yang sudah menyatakan kesiapan lahannya adalah hanya Desa Cisaat, Kecamatan Waled. Pembangunannya dari nol. Kita mengusulkan anggaran itu Rp20 miliar, tapi informasinya sekitar Rp15 miliar disetujuinya.

Ikin menjelaskan, pembangunan stadion bola tipe B di Desa Cisaat adalah untuk keseimbangan sarana dan prasarana olahraga di wilayah Kabupaten Cirebon.

Utamanya, agar di wilayah  timur mempunyai lapangan Stadion bola. "Jangan di barat terus, timur juga harus ada. Kebetulan yang sudah siap lahannya adalah Desa Cisaat, Kecamatan Waled," pungkasnya.

BACA JUGA:Hadapi Regulasi Pemotongan RPM, Tim Yamaha Racing Indonesia Termotivasi Jaga Peluang Juara ARRC

Perlu diketahui, stadion bola tipe B adalah stadion sepak bola dengan kapasitas penonton 10.000 - 30.000 orang, dengan jumlah lintasan lari sebanyak 6 atau 8 untuk lintasan lari 400 meter dan 100/110 meter. Stadion adalah bangunan untuk kegiatan olahraga, termasuk fasilitas untuk penonton, baik pertandingan/perlombaan maupun untuk latihan. (cep)

Kategori :