Sekda Herman: Sektor Perhubungan Tulang Punggung Pembangunan di Jabar

Selasa 17-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Moh Junaedi
Editor : Moh Junaedi

SUBANG, RADARCIREBON.COM -  Dinas Perhubungan (Dishub) memiliki peran penting sebagai pengungkit dalam mempercepat pencapaian indikator makro pembangunan di Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jabar Herman Suryatman dalam peringatan Hari Perhubungan Nasional 2024 bertemakan "Transportasi Maju, Nusantara Baru" di Hotel Laska, Kabupaten Subang, Selasa 17 September 2024.

"Saya berharap Dishub bisa menjadi pengungkit untuk akselerasi pencapaian indikator makro pembangunan Jabar, di antaranya dengan menentukan skala prioritas dalam pembangunan perhubungan, bukan hanya teknis perhubungan, tapi juga memperhatikan bidang-bidang yang lain, ekonomi maupun sosial budaya," ujarnya saat ditemui usai acara.

BACA JUGA:Kembali Terjadi, Rumah Warga Sinarancang Mundu Ludes Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

BACA JUGA:2 Pemain Naturalisasi Disetujui DPR, Eliano dan Mees Diproyeksi Lawan Bahrain dan China

BACA JUGA:Bobotoh, Jelang Persib vs Port FC, Simak Nih Rekam Jejak Persib di Kompetisi Asia

Herman juga menegaskan bahwa masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Jabar, meskipun ada banyak capaian positif.

“Jabar memiliki kinerja birokrasi pemerintah terbaik di Indonesia. Namun, masalah seperti pengangguran dan tingginya indeks gini menunjukkan bahwa provinsi ini belum menjadi yang termaju,” ungkapnya.

Dengan visi besar Jabar menjadi provinsi termaju pada tahun 2025 sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Herman menyebutkan peran penting Dinas Perhubungan.

“Insan perhubungan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kotaa harus progresif dan berperan aktif dalam memperbaiki indikator kinerja utama,” katanya.

BACA JUGA:Bangga, 3 Pelajar SD Juara Wirautama Borong Medali

BACA JUGA:Asep Armala Yakin ‘Dirahmati’ Menang di Pilbup Kuningan, Dian Rachmat: Masyarakat Sudah Cerdas!

BACA JUGA:Tradisi Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan, Begini Kata Prabu Diaz

Ia juga mengajak seluruh instansi untuk membuat shadow target atau target bayangan sebagai motivasi untuk meningkatkan kinerja di atas rata-rata.

Lebih lanjut, Herman menjelaskan bahwa Gubernur Jabar telah menetapkan LO (Liaison Officer) atau naradamping yang bertugas mendampingi 27 kabupaten/kota di Jabar.

Menurutnya, kolaborasi antara provinsi dan kabupaten/kota sangat krusial karena capaian provinsi merupakan agregat dari semua kabupaten/kota.

"Dishub harus menjadi pengungkit untuk akselerasi pencapaian indikator makro pembangunan Jabar. Bukan hanya fokus pada teknis perhubungan, tapi juga harus memperhatikan dampaknya pada bidang lain seperti ekonomi, sosial, dan budaya," tegasnya.

BACA JUGA:Setelah Persib Menang Bojan Hodak Mengeluh, Nama Erick Thohir Dibawa-bawa

BACA JUGA:DP3APPKB Inisiasi Peran Lintas Agama dalam Percepatan Penurunan Stunting

Ia juga menekankan pentingnya membangun zona integritas menuju wilayah birokrasi yang bersih dari korupsi (WBK) dan meningkatkan tata kelola serta pemanfaatan teknologi informasi dalam sektor perhubungan.

"Dengan SDM berintegritas, tata kelola yang baik, dan didukung oleh teknologi informasi, sektor perhubungan bisa menjadi tulang punggung pembangunan Jabar," tambahnya.

Terakhir, Herman menyebut bahwa Jabar sudah diberi berbagai proyek strategis nasional seperti Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Pelabuhan Patimban serta jaringan tol yang semakin luas.

BACA JUGA:SMA Islam Al Azhar Tuan Rumah Evaluasi Akhir Diklat dan Pelantikan PMR

BACA JUGA:MENUJU JABAR HATTRICK JUARA: Dayung Jabar Koleksi 23 Medali, Berpotensi Tambah Tiga Emas Lagi

Namun, keberhasilan pembangunan tetap tergantung pada peran aktif semua pihak, khususnya warga Jabar dan Dishub Jabar yang berada di garis depan.

Acara peringatan Hari Perhubungan Nasional 2024 ini dihadiri Dishub Kabupaten/Kota se-Jabar dengan harapan sektor perhubungan dapat terus memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (*)

Kategori :