PT Sucofindo Cabang Cirebon Serahkan Sertifikat SMK3 Kepada Indofood CBP dan Pelindo 2

Selasa 17-09-2024,19:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

CIREBON, RADARCIREBON.COM – PT Sucofindo Cabang Cirebon menyerahkan sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) kepada PT Indofood CBP dan PT Pelindo Regional 2 Cirebon.

Penyerahan sertifikat tersebut berlangsung di Gedung Graha Sucofindo Cabang Cirebon Jl Dr Sudarsono No 46 Kota Cirebon, Selasa 17 September 2024.

Sertifikat SMK3 tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Cabang PT Sucofindo Cabang Cirebon Yayat Nurhayat kepada PT Indofood CBP yang diwakilkan oleh Agung Firdaus selaku Branch HR Officer dan kepada Manager HSE PT Pelindo Regional 2 Cirebon Syamsurijal dengan disaksikan oleh Kepala UPTD Pengawas Ketenagakerjaan (Wasnaker) Wilayah III Cirebon.

BACA JUGA:Sekda Herman: Sektor Perhubungan Tulang Punggung Pembangunan di Jabar

BACA JUGA:Kembali Terjadi, Rumah Warga Sinarancang Mundu Ludes Terbakar, Penyebab Belum Diketahui

BACA JUGA:2 Pemain Naturalisasi Disetujui DPR, Eliano dan Mees Diproyeksi Lawan Bahrain dan China

"Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) merupakan bagian dari sistem manajemen perusahaan yang ditujukan untuk menciptakan tempat kerja yang aman, efisien, dan produktif berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 Tahun 2012," ungkap Kepala Cabang PT Sucofindo Cabang Cirebon Yayat Nurhayat kepada radarcirebon.com usai penyerahan sertifikat.

Dengan diserahkannya sertifikat SMK3 tersebut, Yayat menjelaskan, hal tersebut menujukkan bukti konkret kedua perusahaan tersebut atas komitmen terhadap aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

"Selain itu, dengan keberhasilan meraih Sertifikat SMK3 ini mencerminkan bahwa perusahaan tidak hanya berfokus pada keuntungan finansial perusahaan.”

“Tetapi juga menempatkan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan karyawan sebagai prioritas utama," jelasnya.

BACA JUGA:Bobotoh, Jelang Persib vs Port FC, Simak Nih Rekam Jejak Persib di Kompetisi Asia

BACA JUGA:Bangga, 3 Pelajar SD Juara Wirautama Borong Medali

BACA JUGA:Asep Armala Yakin ‘Dirahmati’ Menang di Pilbup Kuningan, Dian Rachmat: Masyarakat Sudah Cerdas!

Menurut Yayat, PT Sucofindo sebagai Perusahaan Jasa Keselamatan & Kesehatan Kerja (PJK3) yang juga bergerak di bidang jasa inspeksi, pengujian, sertifikasi, pelatihan dan konsultansi menghadirkan pemastian guna mendukung daya saing para pelaku usaha menghadapi dinamika perubahan dan tantangan pasar global.

Sementara itu, Agung Firdaus selaku Branch HR Officer menuturkan, pemberian SMK3 tersebut berdasarkan hasil audit yang dilakukan selama 2 hari.

"Di perusahaan kami akan menerapkan atau menjalankan sistem keselamatan dan kesehatan kerja, sehingga di lingkungan tempat kerja kami dapat berjalan aman dan nyaman serta zero accident," tuturnya.

Di tempat yang sama, Muhtaruddin selaku Kepala   UPTD Pengawas Ketenagakerjaan (Wasnaker) Wilayah III Cirebon mengapresiasi PT Sucofindo Cabang Cirebon menyerahkan SMK3 kepada PT Indofood CBP dan PT Pelindo Regional 2 Cirebon.

BACA JUGA:Tradisi Panjang Jimat di Keraton Kasepuhan, Begini Kata Prabu Diaz

BACA JUGA:Setelah Persib Menang Bojan Hodak Mengeluh, Nama Erick Thohir Dibawa-bawa

BACA JUGA:DP3APPKB Inisiasi Peran Lintas Agama dalam Percepatan Penurunan Stunting

"Saya mengucapkan selamat kepada PT Indofood dan juga PT Pelindo akan keberhasilan diraihnya sertifikat SMK 3 dari Kementerian ketenagakerjaan RI semoga dengan diberikannya sertifikat ini bisa memacu perusahaan untuk lebih baik lagi dalam menerapkan K3 di perusahaannya sehingga tercipta tempat kerja yang sehat," ucapnya.

Muhtaruddin menyebutkan, baru sebanyak 17 perusahaan yang telah menerima SMK3 dari 20 ribu perusahaan yang ada di Cirebon.

"Untuk tahun 2024 ini di wilayah kerja kami ada 17 perusahaan yang sudah SMK3. Berdasarkan data wajib lapor ketenagakerjaan jumlah perusahaan di Cirebon itu ada lebih dari 20 ribu perusahaan," sebutnya. (rdh)

Kategori :