Perpusnas Berikan Penghargaan untuk Pegiat Literasi Karya Anak Bangsa

Senin 23-09-2024,12:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Mendukung pelestarian budaya dan literasi nasional sesuai dengan amanat undang-undang, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) memberikan penghargaan kepada para penerbit, produsen karya rekam, serta masyarakat yang berkontribusi dalam program Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam (SSKCKR) di Jakarta.

Salah satu politisi nasional yang menerima penghargaan adalah  Herman Khaeron selaku Ketua DPP Partai Demokrat. Ia berhasil meraih posisi kedua sebagai penulis terbaik untuk bukunya yang berjudul Pangan: Sistem Diversifikasi, Kedaulatan, dan Peradaban Indonesia.

Buku tersebut berasal dari disertasi doktoralnya mengupas peran diversifikasi pangan dalam mewujudkan kedaulatan pangan Indonesia.

“Ini baru awal. Saya sedang mempersiapkan dua buku lagi yang fokus pada ketahanan pangan di BUMD,” ujar pria yang akrab dipanggil Kang Hero, Minggu (22/9/2024)

BACA JUGA:Eti-Suhendrik Long March ke KPU Diiringi Pendukungnya

Sementara itu, Deputi Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas, Mariana Ginting mengungkapkan, kolaborasi antara penulis, penerbit, dan perpustakaan sangat penting untuk menginspirasi lahirnya karya-karya baru.

“Tema tahun 2024 ini yakni Melangkah Bersama, Membangun Kreativitas Anak Bangsa. Yang artinya menunjukkan semangat kerjasama dalam mendorong budaya literasi di Indonesia,”ungkapnya.

Dijelaskan Mariana, penghargaan tersebut tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga sebagai dorongan bagi para penulis untuk terus menghasilkan karya yang mampu memperkaya literasi bangsa.

"Dengan dukungan masyarakat, karya-karya anak bangsa akan menjadi fondasi penting dalam membangun masa depan yang lebih cerah,"pungkasnya. (rdh)

BACA JUGA:Okupansi Cordela Hotel Cirebon Meningkat, Ada Promo Menarik

Kategori :