Himpaudi Gelar Manasik Haji PAUD Kota Cirebon, Tujuannya

Kamis 10-10-2024,17:30 WIB
Reporter : Abdullah
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka mengedukasi tentang pelaksanaan ibadah haji, Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kota Cirebon menggelar peragaan manasik haji PAUD (Pendidikan Usia Dini), Kamis (10/10) menggelar peragaan manasik haji PAUD Kota Cirebon.

Ketua Panitia, Ida Farida MPd mengatakan, haji adalah salah satu ibadah yang mulia sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Dan kegiatan Manasik haji ini, kata Ida, salah satu  kegiatan yang digelar himpaudi sebagai bentuk pengenalan kepada anak-anak dan menjadi program tahunan setiap lembaga.

Tujuannya dari manasik haji ini, menurut Ida, untuk  menanamkan rasa syukur kita kepada  Allah, memotivasi anak bisa beribadah haji serta menanamkan karakter anak yang mandiri dan pantang menyerah.

“Kegiatan dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2024 diikuti peserta 1300 dari   120 lembaga,” bebernya.
Adapun untuk Pembiayaannya, menurut Ida, adalah  swadaya dari peserta dengan jumlah panitia 60 orang.

BACA JUGA:Seorang Pria Hilang di Hutan Batu Baok, Kelurahan Sumber Cirebon

Ketua Himpaudi Kota Cirebon, Nining Rukniah SPd AUD, mengatakan, melalui manasik  haji ini menanamkan diri diri anak anak bisa melakukan peragaan tata cara berhaji.

Dan kita mengenalkan 5 rukun Islam, salah satunya melaksanakan ibadah haji. “Ibadah haji itu identik pelaksanaannya beramai-ramai,” ujarnya.

Melalui manasik haji ini, pihaknya berharap  dalam diri anak - anak akan tumbuh niat ingin melaksanakan ibadah haji. Semoga pembelajaran manasik haji ini menjadi bekal mereka kedepan bisa melaksanakan haji yang sesungguhnya.

Bunda PAUD Kota Cirebon, Hj Madyawati SH MPd mengapresiasi kegiatan Himpaudi menggelar manasik haji, karena ibadah haji adalah ibadah yang ditunaikan umat Islam dari seluruh penjuru dunia di makkah Saudi Arabia.

BACA JUGA:Suhendrik Salut dengan Desain Baru Masjid As Salam

2

“Mudah mudahan ini menjadi pembelajaran penting bagi anak-anak PAUD tentang tata cara ibadah haji,” pungkasnya. (abd)

Kategori :