Susu Hewani atau Nabati, Manakah Yang Lebih Baik?

Kamis 17-10-2024,05:00 WIB
Reporter : Rio Aji
Editor : Rio Aji

RADARCIREBON.COM - Susu merupakan minuman yang menjadi bagian terpenting dalam pola makan sehat. Susu dikenal sebagai minuman kaya nutrisi yang memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Susu dapat diolah menjadi berbagai macam jenis, antara lain:

1. Susu kental manis (SKM)

Jenis, susu yang pertama adalah susu kental manis (SKM). Jenis susu ini berasal dari proses penguapan (evaporasi) sebagian dari susu dengan tambahan gula.

2. Susu murni

Susu murni atau susu mentah adalah salah satu jenis susu yang proses pengelohannya tidak melalui proses pengolahan sama sekali. Sehingga tidak ada proses penambahan campuran apapun pada susu murni ini.

3. Susu bebas laktosa 

2

BACA JUGA:Pimpin Laga China vs Indonesia dengan Adil, Wasit Omar Al Ali Tuai Pujian

BACA JUGA:Resmikan UDM Indramayu, Wapres KH Ma’ruf Amin: Ilmu Adalah Kunci Kemakmuran

Susu bebas laktosa adalah jenis susu yang aman dikonsumsumsi oleh orang dengan intoleransi laktosa.

Proses pengolahan susu bebas laktosa dilakukan dengan cara memasukan enzim laktosa ke dalam susu, untuk memecah laktosa, sehingga kandungan gula laktosannya menghilang.

4. Susu evaporasi

Susu evaporasi adalah, jenis susu yang proses pembuatannya melalui proses penguapan (Evaporasi). Sehingga kandung air dalam susu ini sudah menghilang.

5. Susu UHT

Susu UHT adalah salah satu jenis susu, yang proses pengolahannya melibatkan proses pemanasan dan melalui proses steriliasi, dalam proses pengemasannya.

Kategori :