KEREN! Mobil Maung Garuda Indonesia yang Dipakai Prabowo Ternyata Buatan Pindad

Minggu 20-10-2024,20:03 WIB
Reporter : Tatang Rusmanta
Editor : Tatang Rusmanta

RADARCIREBON.COM - Presiden RI Prabowo Subianto menggunakan mobil jenis sport utility vehicle (SUV) usai pelantikan presiden 2024-2029.

Mobil berwarna putih ini dengan pelat Indonesia 1 ini dinamakan Maung “Garuda” yang diproduksi oleh PT Pindad.

Prabowo menggunakan mobil ini Ketika meninggalkan kompleks gedung MPR. Iringan-iringan presiden juga terdiri dari tiga mobil Jeep dengan warna putih. Iringan itu pun diikuti 10 motor Paspampres.

Di tengah perjalanan menuju Istana Merdeka Prabowo sempat menyapa warga. Perjalanan itu juga melalui sejumlah titik pesta rakyat di Jalan Sudirman-Thamrin.

BACA JUGA:Setelah Pelantikan, Presiden Prabowo Langsung Gelar Pertemuan dengan Tamu Negara, Apa yang Dibahas?

Berbeda dengan ketika meninggalkan Gedung MPR, saat dating Prabowo menggunakan mobil Toyota Alphard warna putih milik Kementerian Pertahanan.

Nah, Maung "Garuda" ini adalah jenis kendaraan taktis ringan 4x4. Mobil canggih initernyata hasil karya anak bangsa. Diproduksi oleh PT Pindad untuk pertempuran jarak dekat dan jelajah medan sulit.

2

Dikutip dari situas resmi PT Pindad, Maung didesain sedemikian rupa agar memiliki manuver yang lincah dan dapat diandalkan untuk mendukung mobilitas di berbagai medan.

Adapun kecepatan aman SUV tangguh ini adalah 120 kilometer per jam dengan Transmisi manual 6 percepatan. Dengan kemampuan jarak tempuh mencapai 800 kilometer.

BACA JUGA:Makna Syukur Dalam Tradisi Bebarik Desa Kanci Cirebon, Begini Harapan Kades Sunaryo

BACA JUGA:Momen Perpisahan Presiden Jokowi, Naik Mobil Garuda Indonesia 1 Bersama Presiden Prabowo, Pulang ke Solo

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2 V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Mobil berkapasitas empat penumpang ini memiliki bobot 2.160 Kg yang dapat dimodifikasi untuk berbagai keperluan. Namun, Maung yang dipakai Prabowo ini telah dimodifikasi dengan menggunakan velg chrome dan di bagian belakang tulisan "Garuda".

Sebelumnya, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2024-2029.

Proses pembacaaan sumpah menjadi bagian dari acara pelantikan presiden dan wakil presiden yang berlangsung di Gedung Nusantara, kompleks parlemen, Minggu (20/10/2024).

Kategori :