Tarif Tol Cipali Naik Mulai 30 Oktober 2024, Begini Penjelasan Astra Tol Cipali

Minggu 27-10-2024,20:00 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Tatang Rusmanta

RADARCIREBON.COM - Tarif Tol Cipali naik di akhir Oktober. Kenaikan tarif ini diumumkan oleh Astra Tol Cipali baru-baru ini.

Disebutkan bahwa akan dilaksanakan penyesuaian tarif Tol Cipali berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang Penyesuaian Tarif Tol dan Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Palimanan.

Keputusan Nomor 2789/KPTS/M/2024 ini ditetapkan pada 15 Oktober 2024. Maka, akan dilakukan penyesuaian tarif untuk Ruas Tol Cipali yang berlaku mulai Rabu, 30 Oktober 2024 pukul 00.00 WIB. 

Dalam keterangan tertulisnya, Astra Tol Cipali juga mengungkapkan, bahwa penyesuaian tarif tersebut dilakukan berdasarkan pada Undang-Undang No.2 Tahun 2022.

BACA JUGA:Ikut Kejurnas DIY, TI Kota Cirebon Sukses Bawa Pulang Belasan Medali

BACA JUGA:Kronologi Penemuan Bayi di Dalam Rumah saat Hajatan, Bikin Heboh Warga Kuningan

Undang-undang ini menyatakan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan SPM Jalan Tol. 

2

Di samping itu, Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2024 Pasal 83 menyatakan, bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap 2 (dua) tahun sekali oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

“Kami secara konsisten melakukan upaya peningkatan kualitas layanan lalu lintas untuk memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal jalan tol dan peningkatan kapasitas untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan.” ujar Rinaldi, Direktur Astra Tol Cipali dalam keterangan tertulis yang diterima radarcirebon.com, Minggu (27/10/2024).

BACA JUGA:Liga Sentra Indonesia Regional Jabar 3 Digelar di Cirebon, Diikuti 28 Tim

BACA JUGA:Penemuan Bayi di Ruang Tamu Rumah di Purwawinangun Kuningan, Dikerubungi Semut

Dijelaskan Rinaldi, dalam 2 tahun terakhir, Astra Tol Cipali telah melakukan peningkatan kapasitas jalan melalui penambahan lajur ketiga sepanjang 18,2 KM yang telah dirampungkan pada 2023 lalu, dilanjutkan dengan penambahan 23 KM berikutnya di tahun 2024. 

"Selain itu, dilakukan juga pemeliharaan kondisi jalan melalui pekerjaan scrapping filling overlay, pemeliharaan rambu dan fasilitas keselamatan, hingga peningkatan kualitas serta peremajaan rest area," jelasnya.

Tak hanya itu, Rinaldi juga mengatakan, pada momen mudik lebaran tahun ini, bersinergi dengan pihak kepolisian, Astra Tol Cipali meresmikan command center di KM 188, untuk meningkatkan layanan pemantauan lalu lintas selama mudik lebaran. 

"Berbagai inisiatif tersebut melengkapi berbagai layanan lainnya, seperti 12 unit armada derek, 10 unit armada patroli, 5 unit ambulance, 2 unit armada rescue, 6 unit armada PJR, serta 295 unit CCTV. Selain itu, berbagai fasilitas keselamatan seperti wire rope, rumble dot, speed reducer, hingga lampu strobo juga telah dipasang, dibarengi dengan inisiatif program edukasi dan penegakan hukum (enforcement) untuk menekan angka kecelakaan," katanya.

Kategori :