Jumlah Penumpang Naik 14 Persen di 2024 Lalu, PT KAI Daop 3 Cirebon Optimis Hadapi 2025

Selasa 14-01-2025,20:30 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Moh Junaedi

Rokhmad menjelaskan, di wilayah PT KAI Daop 3 Cirebon terdapat 13 Stasiun yang melayani angkutan penumpang dan Stasiun Cirebon menjadi stasiun dengan jumlah keberangkatan dan kedatangan tertinggi. 

"Keberangkatan mencapai 742.964 penumpang, sementara kedatangan sebanyak 731.873 penumpang. Posisi ini menunjukkan peran vital Stasiun Cirebon sebagai hub utama," jelasnya.

Rokhmad menambahkan bahwa faktor On Time Performance (OTP) menjadi salah satu faktor utama yang membuat penumpang memilih kereta api sebagai moda transportasi. 

BACA JUGA:Aksi Penanaman Pohon di Majalengka, Kemenhut dan Pertamina EP Hijaukan 6,3 Hektare Lahan DAS

BACA JUGA:Rumor Anggota DPRD Kuningan Selingkuh Makin Ramai, Ketua Dewan Akhirnya Buka Suara

"Oleh karena itu, KAI terus berusaha untuk memastikan layanan KAI dapat melayani masyarakat dengan selamat, cepat, tepat waktu, serta nyaman."

"KAI Daop 3 Cirebon mencatat On Time Performance keberangkatan dan kedatangan kereta api penumpang selama 2024 juga mengalami peningkatan."

"Pada Januari hingga Desember 2024 on time performance keberangkatan kereta api penumpang mencapai rata-rata 99,93 persen atau meningkat dibanding tahun 2023 yaitu 99,72 persen,” ucapnya.

Pada Desember 2024 lalu, Lanjut Rokhmad, PT KAI Daop 3 Cirebon telah meluncurkan fitur Carbon Footprint sebagai langkah nyata dalam mendukung keberlanjutan lingkungan. 

"Selain itu, KAI juga menyediakan water station di stasiun untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai, menerapkan teknologi face recognition untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan penumpang, serta mengganti alat makan di atas kereta dengan bahan kayu (wooden cutlery) sebagai bagian dari komitmen pengurangan limbah plastik."

"KAI juga terus berupaya meningkatkan keandalan prasarana dengan fokus pada bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti penggantian bantalan kayu dengan bantalan sintetis yang lebih tahan lama yang juga mendukung on time performance lebih optimal,” ujarnya.

BACA JUGA:Singgung Indonesia Hingga Ucap Sampai Jumpa, Apakah Emil Audero Jadi Dinaturalisasi?

Dengan pencapaian ini, Rokhmad menerangkan, KAI Daop 3 Cirebon optimistis menghadapi tahun 2025 dengan berbagai peningkatan pelayanan untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan.

"Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, kami PT KAI Daop 3 Cirebon akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik melalui berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas."

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan untuk menggunakan layanan kereta api."

"KAI akan terus berupaya untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas."

Kategori :