CIREBON, RADARCIREBON.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon mencatat kinerja positif pada angkutan penumpang dari periode Januari hingga Desember 2024.
Dalam periode tersebut, PT KAI Daop 3 Cirebon melayani 3.882.337 penumpang, naik 14 persen dibandingkan dengan tahun 2023 yang mencatatkan 3.412.954 penumpang.
Hal tersebut diungkapkan Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul kepada radarcirebon.com, Selasa 14 Januari 2025.
"Keberangkatan penumpang periode tahun 2024 di wilayah Daop 3 Cirebon mencapai 1.955.522 orang. Sementara itu, kedatangan penumpang tercatat sebanyak 1.926.815 orang," ungkapnya.
BACA JUGA:Ole dan Jairo Kebut Naturalisasi, Apakah Mauro Zijlstra Akan Dinaturalisasi? Iya, tapi Nanti Dulu...
Dikatakan Rokhmad, puncak kepadatan penumpang terjadi pada bulan April 2024 yang bertepatan dengan libur Hari Raya Idul Fitri.
"Pada bulan tersebut, terdapat keberangkatan 210.478 penumpang kedatangan sebanyak 205.653 penumpang."
"Hal ini mencerminkan peran penting KAI dalam mendukung mobilitas selama momen liburan," katanya.
Manager Humas KAI Daop 3 Cirebon menyebutkan, adanya peningkatan masyarakat dalam menggunakan kereta api yang didorong oleh semakin tingginya kesadaran akan manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang lebih ramah lingkungan dan efisien.
"Semakin banyak orang yang memilih kereta api karena merasa bahwa kereta api memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan lingkungan, sekaligus memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam perjalanan."
BACA JUGA:Penghapusan Piutang Macet Pada UMKM Harus Penuhi Beberapa Syarat
BACA JUGA:Virgil Van Dijk, Bek Terbaik yang Bermain di Liverpool, Ternyata Memiliki Darah Indonesia?
"Peningkatan ini tidak lepas dari upaya KAI Daop 3 Cirebon dalam meningkatkan layanan."
"Teknologi seperti Face Recognition Boarding Gate dan perbaikan infrastruktur menjadi pendorong kepercayaan masyarakat," sebutnya.