CIREBON, RADARCIREBON.COM - Perkuat kemitraan strategis dan memperluas kolaborasi di bisnis mobil bekas, Astra dan Toyota jalin kerjasama lewat PT Astra Digital Mobil (ADMO).
Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA), telah membeli 40 persen saham di ADMO. Pembelian TMA dilakukan melalui pembelian saham baru dan saham existing, dengan nilai total sebesar US$120 juta atau sekitar Rp2 triliun.
Setelah transaksi ini terjadi, Astra melalui PT Astra Digital Internasional (ADI) tetap memiliki kontrol atas ADMO dengan kepemilikan saham sebesar 60 persen.
Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro menuturkan selain melakukan optimalisasi pada bisnis inti, pihaknya turut sekaligus aktif berinvestasi pada bisnis yang memiliki skala yang dapat ditingkatkan dan peluang pertumbuhan yang tinggi.
BACA JUGA:Persib Bandung Juara Liga 1 2024-2025, Bakal Ada Konvoi Besar-Besaran, Berikut Jadwal dan Rutenya!
BACA JUGA:Sejumlah Kambing Milik Warga Cikondang Kuningan Mati Mengenaskan, Dugaan Sementara Inilah Pelakunya
Pasar mobil bekas di Indonesia sebagian besar masih terfragmentasi, sehingga memiliki potensi besar untuk menciptakan nilai dalam skala yang juga besar.
"Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk berinovasi, memberikan aksesibilitas dan solusi mobilitas terpercaya bagi masyarakat Indonesia," tuturnya.
Saat ini ADMO memiliki OLX.co.id dan OLXmobbi, melalui anak perusahaannya. OLX.co.id merupakan salah satu platform iklan baris digital terbesar untuk jual beli barang bekas dan jasa di Indonesia.
Sedangkan OLXmobbi merupakan bisnis mobil bekas yang menggunakan model online-to-offline, yang memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia.
BACA JUGA:Soal Kritik Bale Jaya Dewata, Dedi Mulyadi: Kenapa Dulu Tak Terurus Tidak Ada yang Mengomentari?
BACA JUGA:Stok Beras di Perum Bulog Cirebon Melimpah Ruah, Bahkan Bisa Melebihi Era Orde Baru
BACA JUGA:Ono Surono Dukung Pemasangan Spanduk Berisi Sindiran kepada Gubernur Jawa Barat
Kolaborasi ini menambah tonggak sejarah dalam kemitraan yang terus berlanjut antara Astra dan Toyota.
Dengan memanfaatkan ekosistem otomotif Grup Astra yang komprehensif serta teknologi dan jaringan luas yang dimiliki oleh Toyota, ADMO dapat memodernisasi sektor mobil bekas dan memperluas akses untuk pelanggan di Indonesia dalam mendapatkan kendaraan berkualitas, layanan pembiayaan, asuransi dan layanan purnajual di seluruh Indonesia.
Kemitraan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara Astra dan Toyota, dalam memudahkan pelanggan membeli kendaraan baru dan bekas melalui program trade-in.
Sejalan dengan tren makro yang lebih luas seperti ekonomi sirkular, keterjangkauan, dan digitalisasi, kemitraan ini juga membuka sebuah peluang strategis.
Dengan struktur biaya yang lebih rendah, jangkauan pasar yang lebih luas, serta meningkatnya permintaan konsumen terhadap mobil bekas di Indonesia.
BACA JUGA:KAI Daop 3 Cirebon Sertifikasi Seluruh Petugas Operasional
BACA JUGA:Satpolair Polresta Cirebon Gelar KRYD Patroli Laut
BACA JUGA:Bangunan Liar dan PKL di Cirebon Jadi Sorotan Dedi Mulyadi, Walikota Disebut Tidak Punya Keberanian
"OLXmobbi berada pada posisi yang baik untuk dapat menjadi mobility enabler terdepan," tukasnya.
Sementara itu, Deputy Chief Executive Officer Toyota Motor Asia, Hao Quoc Tien mengungkapkan Astra merupakan mitra terpercaya yang sudah lama bekerja sama.
Pihaknya turut senang dapat memperluas kolaborasi lebih jauh melalui kemitraan ini. Toyota memiliki visi Mobility for All, bisnis mobil bekas dan mobilitas memungkinkan untuk memperluas jangkauan dalam mewujudkan visi tersebut.
"Kami yakin bahwa kami dapat melanjutkan komitmen yang sudah dijalankan selama lebih dari 50 tahun untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui kemitraan ini," pungkasnya. (apr)