Selama Masa Liburan, PT KAI Daop 3 Cirebon Mencatat Terjadi Lonjakan Penumpang Kereta Api

Jumat 04-07-2025,21:02 WIB
Reporter : Dedi Haryadi
Editor : Rusdi Polpoke
Selama Masa Liburan, PT KAI Daop 3 Cirebon Mencatat Terjadi Lonjakan Penumpang Kereta Api

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Selama 7 hari masa liburan, PT KAI Daop 3 Cirebon mencatat peningkatan jumlah penumpang kereta api yang cukup signifikan, sebesar 19,6 persen dibanding periode 7 hari sebelum liburan.

Lonjakan penumpang ini dipicu adanya libur Tahun Baru Islam 1 Muharram 1447 H yang bertepatan dengan mulainya liburan sekolah.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Muhibbuddin menyampaikan, berdasarkan data pada periode 27 Juni hingga 3 Juli 2025, tercatat sebanyak 52.843 penumpang yang berangkat dari stasiun kereta api di seluruh wilayah Daop 3 Cirebon, atau rata-rata 7.549 penumpang per hari.

Sementara itu, untuk kedatangan, tercatat sebanyak 49.135 penumpang atau rata-rata 7.019 penumpang per hari.

BACA JUGA:Berikut Alasan Pentingnya Ganti Oli yang Sesuai dengan Jenis Sepeda Motor

BACA JUGA:Demi Kenyamanan di Kawasan Batik Trusmi, Polresta Cirebon Lakukan Penertiban

Tingkat kepadatan penumpang tertinggi untuk keberangkatan selama periode 27 Juni hingga 3 Juli 2025 terjadi di Stasiun Cirebon sebanyak 21.341 penumpang atau rata-rata 3.049 penumpang per hari.

Disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 8.487 penumpang atau rata-rata 1.212 penumpang per hari.

Sedangkan untuk kedatangan jumlah penumpang tertinggi terdapat di Stasiun Cirebon sebanyak 20.319 penumpang atau rata-rata 2.903 penumpang per hari.

Disusul Stasiun Cirebonprujakan sebanyak 7.964 penumpang atau rata-rata 1.138 penumpang per hari.

“Selain musim liburan, lonjakan penumpang ini juga dipicu adanya penerapan promo diskon tarif kereta api kelas ekonomi non subsidi sebesar 30 persen sejak 5 Juni hingga 31 Juli 2025 mendatang.”

“Dan peningkatan ini menunjukkan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan moda transportasi kereta api untuk mobilitas selama masa liburan panjang,” ujar Muhib.

BACA JUGA:2 BUMD di Kuningan Jadi Beban Keuangan Daerah

BACA JUGA:TBN Ditangkap di Jalan Ampera Cirebon, 53 Paket Sabu-sabu Disita Polisi dari Rumahnya di Kedawung

"Angka ini diperkirakan terus bertambah seiring masih berlangsungnya liburan sekolah hingga pertengahan Juli 2025," tambah Muhib.

Selain keberangkatan dan kedatangan penumpang KA yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon mengalami peningkatan, lonjakan penumpang juga dialami oleh KA-KA yang dimiliki Daop 3 Cirebon.

Dari 9 KA yang tersedia dengan total 19.250 tiket yang disiapkan, telah terjual sebanyak 25.971 tiket, atau okupansi rata-rata sebesar 134,9 persen, dengan okupansi tertinggi terdapat di KA Ranggajati relasi Stasiun Cirebon-Jember sebesar 303 persen.

Selama masa libur sekolah dan event festival budaya dalam rangka HUT Kota Cirebon yang berlangsung hingga akhir Juli ini masyarakat juga dapat memanfaatkan tarif diskon 10 persen khusus untuk kelas eksekutif KA Gunungjati relasi Gambir - Cirebon - Semarangtawang Bank Jateng PP dan KA Cakrabuana relasi Gambir-Cirebon-Purwokerto PP.

“Kami menyadari saat ini kereta api telah menjadi moda pilihan favorit masyarakat, terutama di masa liburan seperti ini. Untuk itu KAI Daop 3 Cirebon terus untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar perjalanan kereta api selalu aman, nyaman, dan tepat waktu,” ungkap Muhibbuddin.

BACA JUGA:Korem 063/SGJ gelar kegiatan 'JUMAT BERKAH', Bagikan Nasi untuk masyarakat

BACA JUGA:Danantara Simbol Transformasi BUMN dan Kedaulatan Investasi Nasional

PT KAI Daop 3 Cirebon telah menyediakan fasilitas Face Recognition Boarding Gate (FR) di Stasiun Cirebonkejaksan dan Stasiun Cirebonprujakan.

Dengan fasilitas FR ini pelanggan akan semakin mudah dan cepat dalam proses boarding tanpa harus dilakukan pemeriksaan dokumen penumpang secara manual.

"Kami mengajak para pelanggan untuk memanfaatkan layanan FR ini karena akan memangkas waktu antrean dan meningkatkan efisiensi proses boarding tanpa perlu menunjukkan boarding pass dan KTP. Untuk dapat merasakan kemudahan ini masyarakat dapat melakukan pendaftaran atau registrasi melalui aplikasi Access by KAI atau melalui petugas kami di stasiun," pungkasnya. (*)

Kategori :