Tuan Rumah Sedang Pede  

Senin 13-10-2014,08:16 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

Islandia v Belanda

REYKJAVÍK – Peringkat ketiga Piala Dunia 2014 Belanda tampil tidak meyakinkan dalam dua laga awal kualifikasi Grup A Euro 2016 Prancis. Tim Oranje ingin menghapus keraguan publik akan kemampuan tim nasionalnya saat mereka bertandang ke Laugardalsvöllur,Reykjavík, pada matchday ketiga dini hari nanti.

Belanda sementara ini berada di posisi ketiga Grup A dengan koleksi tiga poin. Setelah tumbang 1-2 di kandang Republik Ceko bulan lalu, Robin van Persie dkk bisa bangkit dengan menggilas Kazakhstan 3-1.

Di sisi lain, Islandia justru tampil lebih meyakinkan dengan menyapu bersih dua laga awal. Setelah membekap Turki 3-0, Islandia menekuk Latvia di markas lawan juga dengan skor 3-0. Fakta itu membuat Islandia lebih pede (percaya diri) saat menjamu Belanda di Reykjavik dini hari nanti (tayangan langsung RCTI pukul 01.15 WIB).

Meski lawan dalam kondisi yang baik, pelatih Belanda Guus Hiddink yakin timnya bisa membekap Islandia. Mantan pelatih Turki, Rusia, dan Australia tersebut tidak gentar dengan hasil luar biasa yang dicapai Islandia. Menurut Hiddink, timnya akan bisa meraih kemenangan. “Saya tidak merasa bahwa kami akan kehilangan poin,” kata Hiddink kepada De Telegraaf.

“Saya percaya diri kami bisa menang dalam laga melawan Islandia. Mereka jelas akan meninggalkan banyak ruang, tidak seperti ketika kami berhadapan dengan Kazakhstan,” imbuh pelatih 67 tahun itu.

Hiddink mengharapkan para pemainnya menunjukkan mentalitas yang sama ketika berhadapan dengan Kazakhstan. Saat itu Belanda sempat tertinggal lebih dahulu. Namun, Belanda bisa bangkit dan akhirnya meraup tiga angka dengan kemenangan margin dua gol.

Ibrahim Afellay, winger yang dipinjamkan Barcelona ke Olympiacos, bermain baik dalam pertandingan melawan Kazakhstan. Dia mencetak satu gol dan satu assist.

Afellay pun menyatakan siap untuk membantu negaranya. ’’Kaki saya rasanya kebas. Namun, melawan Islandia, saya bisa bermain. Kami bermain sangat bagus ketika berhadapan dengan Kazakhstan yang memakai strategi parkir bus. Untunglah, saya bisa berkontribusi. Saya ingin melakukan itu lagi,’’ papar Afellay. (nur/c4/bas)

   
Tags :
Kategori :

Terkait