Pasar Lesu, Mazda Tetap Optimis

Rabu 29-04-2015,09:09 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

JAKARTA – PT Mazda Motor Indonesia (MMI) meluncurkan dua produk terbarunya, New Mazda CX-5 (SUV) dan New Mazda6 (sedan) di Jakarta, kemarin. Keduanya sebagai upaya peningkatan penjualan tahunan Mazda tahun ini yang ditargetkan mencapai 10 ribu unit atau naik sekitar 10 persen dibandingkan 2014 lalu. Kedua produk unggulan Mazda tersebut kini hadir dengan menerapkan bebe­ra­pa perubahan di dalam empat komponen utama ter­masuk tampilan desain eks­terior yang memukau, pe­nyegaran tampilan interior dan peningkatan dari sisi fungsionalitas, kualitas penga­laman berkendara yang lebih dinamis, serta evolusi dari fitur i-ACTIVSENSE. “Keduanya untuk memperta­han­kan penjualan. Target untuk Mazda CX-5 tetap di angka 300 unit sebulan dan Mazda6 se­banyak  10 unit per bulan. Kon­disi market belum bagus, jadi kita tak berani pasang target lebih dari tahun lalu,” kata Haryanto Djayaputra, Senior Sales Manager MMI sa­at peluncuran New Mazda CX-5 dan New Mazda6. Terhitung hingga Maret, MMI telah mencapai penjualan 2.400 unit lebih. Pihaknya, lan­jut Haryanto, tetap berharap pen­jua­lan kedua produk ini khususnya CX-5 bisa lebih baik, sehingga bisa mencapai total target penjualan MMI. Sebelumnya, Mazda 6 memiliki market share 3 persen dan CX-5 sebesar 35 perse dari total penjualan MMI. Sedangkan di pasar SUV nasional, CX-5 pu­nya market share 20-25 persen dan Mazda6 sekitar 2 persen. “Kondisi pasar kendaraan se­dan tak besar karena karakter mar­ket Indonesia. Kita berani memasarkannya, karena dila­ku­kan refreshment. Ini masuk niche market yang ditujukan untuk pasar tertentu,” jelasnya. Keizo Okue, President Di­rector MMI mengatakan, le­sunya ekonomi sehingga mempengaruhi pasar otomotif bukan menjadi alasan MMI tak mengeluarkan mobil baru. Sebaliknya, dengan dikeluarkan kedua produk tersebut oleh Mazda untuk mempertahankan kualitas dan eksistensi brands Mazda dan juga kehadiran kedua mobil ini sebagai produk terkemuka. “Justru lesunya pasar ini membuat kami harus bisa bangkit dan tidak menyerah. Strategi bisnis kami dengan tetap menawarkan produk baru pada masyarakat,” katanya. Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager MMI menambahkan, sejak 2013-2014 CX-5 menjadi salah satu pilihan favorit di Indonesia dengan penjualan 7.146 unit. Sedangkan Mazda 6 mencapai penjualan 564 unit dalam periode dua tahun tersebut. Harga Mazda CX-5, untuk 2.0L Sport Rp403,2 juta, 2.5L Urban Rp440,3 juta, 2.5L Tourng 460,3 juta dan Grand Touring Rp490,4 juta. Sedangkan Mazda6 Rp600,7 juta. (kyd/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait