Hino Dutro SDBL Prestigo Unggulan Kelas Mikrobus

Kamis 06-08-2015,17:49 WIB
Reporter : Harry Hidayat
Editor : Harry Hidayat

CIREBON- Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan mikrobus 4 ban bernama Prestigo belum lama ini. Mikrobus yang menggunakan sasis Hino Dutro 110 SDBL ini menggunakan mesin tipe W04D-TP diesel empat silinder segaris, direct injection serta berturbo charge. Besaran tanaga mencapai 110 ps/2.800 rpm dengan torsi maksimal 29 kgm/1.800 rpm. Sales Manager PT Armindo Perkasa Cabang Cirebon Aris Ristiawan mengatakan selain spesifikasi tersebut sasis bus ini panjang, sehingga dapat menampung hingga 15-20 penumpang. Pada bagian kaki-kaki juga telah dilengkapi stabilizer atau penyeimbang, ditambah dengan adanya sistem suspensi per daun yang lebih lembut. “Jadi unit nyaman saat dikendarai dan tidak limbung saat manuver,”katanya pada Radar Cirbeon, Rabu (5/8). Kelebihan lain dari bus ini, lanjut Aris, adalah sistem peredaman suara yang baik. Pasalnya dibagian antara bodi dan sasis diberi mounting khusus. Tentunya yang tak kalah menarik ialah bus ini dijual termasuk bodi, bukan hanya sasis saja, sedangkan dalam pembuatan bodi Hino mempercayakan penggarapan pada karoseri Adiputro di Malang, Jawa Timur. “HMSI sengaja menggandeng Adiputro untuk membuat bodi dan pendingin ruangan yang sudah disesuaikan dengan standar Hino, jadi kualitasnya lebih terjamin,” ujar dia. Untuk keperluan kendaraan bus kecil bermuatan 15-20 penumpang ini tentu hanya Hino Dutro SDBL pilihannya. Cocok untuk pariwisata, angkutan karyawan atau travel. Lebih jauh Aris menjelaskan seperti diketahui saat ini jarak antar kota mulai banyak dihubungkan dengan jalan tol yang jaraknya bisa mencapai ratusan kilometer, misalnya jarak Cirebon-Jakarta hingga 250 kilometer. Hal tersebut untuk ukuran mikrobus membutuhkan tenaga yang besar seperti yang dimiliki Dutro SDBL Prestigo. Aris menambahkan hal tersebut sekaligus menjadi salah satu unggulan Hino SDBL dibanding kompetitor. Keunggulan lainnya sistem pendingin udara yang lebih baik dan merata, karena mengadopsi cooling unit lebih besar. Suasana kabin juga lebih senyap karena terdapat mounting yang terbuat dari karet untuk meredam getaran bodi dan sasis, ditambah stabilizer untuk roda depan sehingga mobil lebih stabil saat belok dan penumpang merasa nyaman.(tta)

Tags :
Kategori :

Terkait