Nelayan Rajungan Mertasinga Kecewa, Kenapa?

Minggu 15-05-2016,20:35 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

CIREBON - Nelayan rajungan  di Desa Mertasinga, Kec Gunungjati, Kab Cirebon sedang kurang bahagia.  Bahkan tidak sedikit para nelayan yang berhenti melaut mencari rajungan, tetapi sudah pergi ke Jakarta untuk menjadi kuli bangunan. Ini lantaran harga rajungan yang saat ini anjlok dari, Rp55 ribu/kg menjadi Rp25 ribu/kg saja. Sementara,  harga daging rajungan yang harga normalnya Rp250 ribu/kg menjadi Rp140 ribu/kg.

Warga Desa Mertasinga yang 80 persen adalah nelayan rajungan mengeluhkan turunnya harga rajungan tersebut. \"Dari rajungan yang kami jual tidak bisa menutupi biaya operasional untuk melaut mencari rajungan,\" kata Sunadi, warga Metasinga  kepada radarcirebon.com, Minggu (15/5).

Karena harga rajungan sedang turun, tidak sedikit penduduk Mertasinga, khususnya para pemudanya, merantau ke Jakarta untuk mencari pekerjaan di bangunan, sampai harga rajungan naik kembali.  \"Ada beberapa orang yang merantau ke Jakarta mencari kerja meskipun di sana cuma jadi kuli bangunan,\" ujar Sunadi. (cecep)

Tags :
Kategori :

Terkait