Nelayan Suranenggala Keluhkan Kondisi Sungai Karangsambung

Senin 12-12-2016,09:44 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

CIREBON - Nelayan di Desa Suranenggala Kulon dan Suranenggala Kidul Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon mengeuhkan kondisi sungai sebagai jalur perahu mereka menuju atau pulang dari melaut.

Nelayan yang juga pengurus Koperasi Sambung Mulyo, Suherwan mengatakan, jembatan yang berada di Karangsambung pun menjadi kendala dan posisi muara sungai yang berkelok-kelok.

Menurut Suherwan, di bawah jembatan ada sebuah pondasi jembatan yang tidak dipakai tapi juga diangkat sehingga ketika nelayan yang akan melewati jalur tersebut terganggu. Beton tersebut bisa membentuk baling-baling motor perahu ketika air pasang dan surut.

Selain itu, kata Suherwan, di bawah jembatan Karangsambung ada salah satu besi yang melintang dan posisi sangat ke bawah sehingga perahu ga bisa melawati jalur tersebut.

Suherwan menyebutkan satu lagi kendalanya, yakni muara sungai Karangsambung saat ini sangat dangkal ketika air surut perahu susah untuk melaju.

Suherwan berharap ada perhatian kusus dari Pemkab Cirebon bisa membantu nelayan sekitar dan mejawab keluhan dari para nelayan.(cecep)

Tags :
Kategori :

Terkait