Info Palsu Lowongan 17.400 CPNS Geger di Medsos

Rabu 06-09-2017,13:35 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

“Mas, iki bener ta? Bapak suruh saya daftar. Katanya dapat info dari grup di RW.” Begitu pertanyaan yang diajukan Irwan kepada kakaknya. Irwan ternyata baru saja mendapat informasi mengenai pendaftaran PNS di sejumlah kementerian.

Bukan hanya Irwan, kemarin sejumlah pengguna WhatsApp memang menerima pesan serupa. Kebanyakan tersebar dari grup-grup terbatas. Informasi itu sangat menarik karena lowongan yang dibuka mencapai 17.400 orang. Mulai lulusan SMA/SMK sampai S-2 (magister).

Bunyi lengkap informasi lowongan itu seperti ini: Mulai siang ini, 5 Sep 2017, pukul 12.00 WIB, dibuka pendaftaran PNS secara serentak untuk seluruh kementerian. Dibutuhkan 17.400 dari tingkat pendidikan SMK/SMA sampai pd S2. Silahkan buka pengumuman di www.kemenpanrb.go.id atau di http://sscn.bkn.go.id. Terima kasih.

Secara resmi, pendaftaran CPNS sebenarnya dilakukan melalui website sscn.bkn.go.id. Namun, saat ini, di website milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) itu tidak ada lowongan pendaftaran CPNS baru. Sebelumnya memang ada dua lowongan CPNS, yakni di Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung. Tapi, pendaftarannya sudah ditutup akhir Agustus lalu.

Lowongan 17.400 CPNS juga punya kejanggalan lain. Misalnya, website Kementerian PAN-RB. Alamat situs resmi kementerian yang dipimpin Asman Abnur itu adalah www.menpan.go.id, bukan www.kemenpanrb.go.id. Dari situ saja, bisa dipastikan informasi tersebut abal-abal.

Untuk memastikan bahwa informasi itu palsu, Jawa Pos (Radar Cirebon Group) mengonfirmasi Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman. “Itu info bohong. Tidak benar ada pendaftaran CPNS baru pada 5 September,” katanya kemarin (5/9).

Herman menjelaskan, lowongan CPNS baru yang resmi dibuka tahun ini terdapat di Kementerian Hukum dan HAM serta Mahkamah Agung. Namun, pendaftaran CPNS baru di dua instansi itu sudah ditutup.

Mantan kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang tersebut menambahkan, tidak tertutup kemungkinan dibuka kembali pendaftaran CPNS. Tetapi, sampai sekarang belum bisa dipastikan kapan pendaftaran dibuka. Instansi yang sudah mengusulkan lowongan CPNS baru ke Kementerian PAN-RB, antara lain, Kementerian Agama dan Kejaksaan Agung.

Dia berharap masyarakat tidak termakan informasi palsu yang menyebar lewat media sosial. Herman pun meminta masyarakat waspada terhadap segala bentuk penipuan yang menggunakan modus seleksi CPNS baru.

Kepala Biro Humas BKN Mochammad Ridwan juga menyatakan bahwa tidak ada lowongan pendaftaran CPNS baru saat ini. Dia juga mengomentari beredarnya foto jadwal seleksi CPNS baru di Kejaksaan Agung. Menurut Ridwan, surat yang beredar itu belum ditandatangani Ketua Pengadaan CPNS di Kejaksaan RI Bambang Waluyo. “Sebaiknya tunggu saja informasi atau pengumuman resmi dari Kementerian PAN-RB,” tutur dia.

Dalam surat itu dijelaskan, pengumuman pengadaan CPNS Kejaksaan RI dilaksanakan pada 5–19 September 2017. Kemudian, pendaftaran online digelar pada 11–25 September 2017. Ujian atau seleksi kompetensi dasar digelar pada 9–20 Oktober 2017. Lalu, pengumuman kelulusan akhir CPNS Kejaksaan RI dilaksanakan pada 20 November 2017.(wan/and/c19/fat)

Fakta:

- Tidak ada lowongan CPNS baru per 5 September.

- Lowongan CPNS tahun 2017 ada di Kemenkumham dan Mahkamah Agung, namun sudah ditutup akhir Agustus.

Tags :
Kategori :

Terkait