Pengunjung Harbolnas Naik 10 Kali Lipat, Transaksi Ditarget Rp4 Triliun

Rabu 13-12-2017,19:05 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

JAKARTA- Pesta diskon Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2017 yang digelar bulan ini sukses menarik minat yang masif dari masyarakat untuk berbelanja online. Tak heran jika total transaksi Harbolnas 2017 diprediksi melonjak 50 persen dibanding tahun sebelumnya atau sekitar Rp4 triliun. Sebanyak 254 peserta e-commerce meramaikan momen tahunan tersebut. Masing-masing e-commerce memiliki program yang berbeda-beda untuk merayakan Harbolnas. Meski perayaan jatuh pada tanggal 12 Desember kemarin, namun banyak e-commerce yang memperpanjang masa diskon 3 hingga 7 hari ke depan. Berdasarkan data yang dihimpun ShopBack, salah satu platform penyedia cashback belanja online dari 170 e-commerce, jumlah pengunjung e-commerce peserta Harbolnas rata-rata meningkat hingga 10 kali lipat. “Sejak pukul 12 malam sampai pukul 9 pagi tadi, rata-rata e-commerce mengalami peningkatan trafik pengunjung sampai 10 kali lipat dibandingkan hari biasa,\" ujar Country General Manager ShopBack Indonesia Indra Yonathan, kemarin (12/12). Dari banyaknya produk yang dijual oleh lebih dari 250 e-commerce peserta Harbolnas 2017, Indra mengungkapkan kategori gadget seperti smartphone dan tablet menjadi barang yang paling banyak dicari. Disusul, kemudian oleh produk-produk kesehatan dan kecantikan, serta produk kebutuhan ibu dan anak. “Dari hasil survei yang kami lakukan jelang Harbolnas 2017, konsumen Indonesia akan mengeluarkan bujet 4-5 kali lebih besar dibandingkan pembelanjaan online pertama kali. Rata-rata yang akan dihabiskan senilai Rp250.000 sampai Rp1.000.000,\" tambah Indra. Peminat belanja online pada momen Harbolnas semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2015, total transaksi mencapai Rp2,1 triliun. Kemudian pada tahun 2016, transaksi mencapai Rp3,3 triliun. \"Tahun ini transaksi yang ditargetkan adalah sebesar Rp4-4,7 triliun atau 50 persen lebih tinggi dari tahun lalu,\" ujar Ketua Harbolnas Achmad Alkatiri saat ditemui di kantor Lazada, kemarin (12/12). Achmad membeberkan bahwa peminat Harbolnas tahun ini sangat antusias. Termasuk jika dibandingkan dengan event diskon serupa pada 11 November (11-11) lalu, menurut Achmad peningkatannya sangat signifikan. “Cukup terkejut saat kami memantau grafik pengunjung e-commerce sejak pagi tadi (kemarin), gapnya sangat jauh mungkin bisa lebih dari 10 kali lipat,\" urainya. Tingginya animo pembeli online saat Harbolnas, membuat para e-commerce melakukan persiapan khusus demi nengantisipasi lonjakan order. Seperti Lazada misalnya. Pada salah satu warehouse-nya yang ada di kawasan Cimanggis, Lazada menambah pasokan item menjadi 5 juta unit dan total pekerja hingga 3.500 orang. “Biasanya per hari dari warehouse ini meluncur sekitar 400 ribu barang untuk dikirim ke konsumen. Tapi saat Harbolnas, arus order bisa meningkat 7 kali lipat dibanding hari biasa,\" ujar Co-CEO Lazada Indonesia Florian Holm. Pelaku e-commerce meyakini bahwa perayaan Harbolnas tahun ini akan menjadi yang terbesar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Seperti halnya momen serupa yang dihelat e-commerce di berbagai belahan dunia. “Seperti yang China punya perayaan dengan \"Single Day\" nya, Amerika ada ”Black Friday”, lalu sekarang ada ”Cyber Monday” juga. Kemudian di Inggris ada ”Boxing Day” yang sekarang akhirnya dipakai oleh negara-negara commonwealth. Antusiasme belanja online di Indonesia sendiri akan semakin meningkat seperti itu setiap tahunnya,” ujar CEO Blibli.com Kusumo Martanto. (agf)

Tags :
Kategori :

Terkait