CIREBON - Penetrasi smartphone di tanah air, turut mendorong perubahan perilaku konsumen pengguna telekomunikasi. Jika sebelumnya telepon dan SMS menjadi andalan, kini fungsi-fungsi tersebut mulai tergantikan dengan adanya aplikasi berkirim pesan yang mencakup fitur voice call. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi provider untuk meningkatkan pelayanan network. Head of Sales West Java Area Indosat Ooredoo, Hendi Gunawan mengatakan, tantangan industri provider di 2018 adalah peralihan pola komunikasi user melalui servis yang ada di data. ”Kebutuhan volume kuota internet semakin pesat. Sebagai provider saat ini tantangan kami untuk memberikan pelayanan di sisi network yang semakin memadai, lebih lagi dari yang saat ini ada,” ujarnya saat acara serah terima jabatan Sales Manager Area Cirebon Indosat Ooredoo, Rudi Yanuar kepada Teddy Hexananta.. Peralihan tersebut juga tercermin pada kenaikan pelanggan data di wilayah Cirebon, mencakup kota/kabupaten Cirebon, Kuningan, Indramayu, dan Majalengka. Area Cirebon juga menjadi salah satu market penting bagi Indosat Ooredoo dengan menempati posisi lima besar di Jawa Barat. ”Kenaikan tersebut selain ditopang kebutuhan pengguna internet. Adanya peralihan penggunaan aplikasi yang digunakan untuk berkirim pesan sekaligus bisa voice call,” ungkapnya. Hendi menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan penggunaan data yang besar, Indosat Ooredoo menyediakan paket data unlimited mulai dari 2 gigabyte sampai 15 gigabyte. Khusus pembelian paket 7 gigabyte ke atas maka gratis mengakses Youtube dan aplikasi sosial media lainnya. ”Sekarang untuk youth kebanyakan pengguna internet. Dengan paket unlimited ini, tetap bisa menggunakan aplikasi sosial media sehari-hari walaupun kuota utama habis,” imbuhnya. (swn)
Penggunaan Data Meningkat, Provider Tingkatkan Layanan Network
Kamis 08-03-2018,18:11 WIB
Editor : Husain Ali
Kategori :