Piala Dunia Bikin Begadang, Ini Kiatnya Atasi Rasa Ngantuk

Minggu 17-06-2018,12:43 WIB
Reporter : Dian Arief Setiawan
Editor : Dian Arief Setiawan

Piala Dunia 2018 sudah dimulai. Banyak masyarkat Indonesia yang menantikan ajang empat tahunan ini, bahkan tak sedikit dari masyarakat rela begadang untuk melihat setiap pertandingan.
Nah berikut beberapa agar Anda tak ngantuk usai begadang nonton Piala Dunia 2018.
1. Cukup tidur Mencukupi waktu untuk beristirahat alias tidur menjadi cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi badan lemas akibat begadang. Anda dapat mencoba tidur siang terlebih dahulu sebelum menonton Piala Dunia 2018 pada malam nanti.
2. Rajin olahraga Biasakanlah berolahraga dengan frekuensi tiga kali seminggu masing-masing 30 menit.
Selain tubuh merasa segar, olahraga rutin juga terbukti memberikan keuntungan untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.
Agar tidak merasa terpaksa saat berolahraga, pilihlah olahraga yang disukai. Supaya lebih semangat, Anda juga dapat mengajak teman atau pasangan.
3. Penuhi kebutuhan cairan setiap hari Sering kali ketika seseorang begadang sambil menyaksikan pertandingan sepak bola di televisi, asupan cairan menjadi kurang dan tidak cukup.
Bagaimana kita tahu bahwa kebutuhan cairan sudah cukup? Hal tersebut bisa ditandai dengan warna pekat urine dan jumlahnya yang sedikit.
“Begitu juga bila badan Anda lemas dan sulit berkonsentrasi. Berbagai tanda ini bisa menjadi petunjuk bahwa Anda kekurangan cairan dan membutuhkan tambahan cairan,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter.
Isi kebutuhan cairan Anda dengan air putih yang cukup. Bila perlu, konsumsi cairan mengandung ion agar lebih baik.
4. Berjemur Ketika Anda mendapatkan kesempatan untuk bangun pada pagi hari, sempatkan diri untuk berjemur dan menikmati sinar matahari pagi.
Sambil berjemur, ada baiknya Anda menyempatkan berjalan kaki di pagi hari selama 30 menit.
Sebab, berjemur bisa membantu menstabilkan ritme sirkadian dalam tubuh, sehingga tidur dapat menjadi nyenyak pada malam harinya.
(pojoksatu/pojokbogor)
Tags :
Kategori :

Terkait