Alhamdulillah, Kini Transaksi Bank Mandiri Sudah Mulai Normal

Sabtu 20-07-2019,20:30 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Sebagian nasabah Bank Mandiri sempat kebingungan dengan saldo tabungan yang berkurang juga bertambah tanpa adanya transaksi. Bahkan yang bikin panik nasabah, tanpa transaksi saldo tabungan sempat nol bahkan minus. Tidak hanya itu, transaksi di anjungan tunai mandiri (ATM) maupun short message service (SMS) banking maupun e-money juga mengalami kesulitan. Hal itu mulai viral di media sosial sejak pagi. Faktanya, sistem transaksi Bank Mandiri memang terjadi error. Otoritas Bank Mandiri pun mengakui dan meminta maaf terkait ketidaknyamanan nasabah. Baca: Ada 2.670 Rekening Nasabah Diblokir Sementara, Begini Penjelasan Bank Mandiri “Saat ini kami informasikan dan tegaskan bahwa perubahan tersebut terjadi pada saat perpindahan proses dari core system ke back up system yang rutin dilaksanakan di akhir hari. Namun pada kali ini, terjadi error pada data saldo 10% nasabah Bank Mandiri,” kata Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/7). Mandiri, lanjut Rohan, menjamin saldo nasabah akan segera pulih dalam waktu 2-3 jam ke depan, karena sebelum perpindahan ini selalu dilakukan backup data saldo nasabah. Jaminan itu disampaikan juga lewat rilis di Twitter pukul 12.01 WIB. Hingga berita ini ditulis, transaksi E-Banking sudah bisa diakses yang sebelumnya sempat error. Artinya, transaksi Bank Mandiri sudah mulai berangsur normal. Sebelumnya, sebagian besar nasabah Bank Mandiri mengaku panik saat melihat saldo di rekeningnya berkurang. Para nasabah pun terlihat memenuhi Mandiri KCP Cirebon Siliwangi untuk mengadu sejak pagi, Sabtu (20/7). Salah satunya Azizah S (27), nasabah yang sudah berada di Mandiri KCP Cirebon Siliwangi sejak pukul 09.00 WIB. Ia mengaku saldonya menjadi minus. Hal tersebut mulai diketahuinya sejak Jumat (19/7) malam. Pada saat itu, Azizah menarik uang sebesar Rp 400 ribu di ATM Jalan Kartini. Kemudian melihat saldo menunjukkan -Rp 575 ribu. Namun sebelumnya ia masih bisa bertransaksi di e-commerace. \"Pagi saya lihat masih begini (minus, red) dan banyak yang bilang saldonya raib, jadi saya langsung ke Mandiri untuk konfirmasi,\" tuturnya. Hal yang sama pun terjadi pada Lidya (22). Warga Kabupaten Cirebon itu terlihat kebingungan saat mendapati ATM di Mandiri KCP Cirebon Siliwangi rusak. Semua ATM tak bisa melakukan transaksi. Saat dihampiri Radar Cirebon ia mengungkapkan telah ke beberapa ATM mengalami hal serupa. Bahkan di ATM bersama sekalipun. \"Saya habis ditransfer, mau ngambil uang saldonya Rp 0, saya panik udah ke beberapa ATM nggak bisa semua,\" jelasnya. (apr/hsn)

Tags :
Kategori :

Terkait