ICSB Cirebon Edukasi Keluarga Penerima Manfaat Bantuan PKH Terkait Ekonomi Kreatif

Senin 17-02-2020,18:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Berbagai kegiatan dilaksanakan dalam rangka gebyar program keluarga harapan (PKH) di lapangan bola Desa Pegagan, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Minggu (16/2). Kegiatan itu merupakan unjuk kebolehan para keluarga penerima manfaat PKH.

Kegiatan itu antara lain olah raga masal, pentas seni, donor darah, pasar raya kuliner, sesion Bidik Misi, doorprice dan bakti sosial. Beberapa produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) para KPM bantuan PKH digelar untuk meramaikan jalannya acara tersebut.

International Councill for Small Bussnies (ICSB) atau Dewan UMKM Kabupaten Cirebon turut bersinergi dalam gebyar PKH tersebut. Dalam kegiatan itu ICSB mengedukasi dan memotivasi masyarakat, terutama penerima manfaat PKH terkait pentingnya mengembangkan ekonomi kreatif.

\"Saya berharap dengan adanya kegiatan ini memotivasi para KPM dan pelaku usaha khususnya di masyarakat setempat untuk bisa melakukan kegiatan positif dan menggerakkan ekonomi kreatif agar terciptanya ekonomi yang mandiri,\" kata Ketua ICSB Kabupaten Cirebon, Hamzah Fansuri kepada Radar Cirebon yang berkesempatan mengisi materi.

Hamzah mengingatkan peranan pemerintah daerah agar lebih mengoptimalkan dalam peningkatan kapasitas pelaku UMKM. Karena itu ICSB meminta pemerintah dari tingkat desa hingga Kementerian Koperasi untuk mendukung warganya berwirausaha secara konkret.

\"Ini penting, agar tercipta ekonomi yg kreatif dan mandiri. Seperti pelatihan, pembinaan dan pemagangan serta akses permodalan dan akses pemasaran,\" kata Hamzah.

Kegiatan gebyar PKH di Desa Pegagan Kecamatan Palimanan dihadiri pemerintah kecamatan, Ketua PMI Kecamatan Palimanan, Dinsos Kabupaten Cirebon, Dinsos Provinsi Jawa Barat, serta kuwu Desa Pegagan beserta perangkatny dan ibu-ibu PKK. Selain itu tentu ketua ICSB Kabupaten Cirebon, para kader Posyandu, Pelaku UMKM dan Masyarakat setempat. (hsn)

Tags :
Kategori :

Terkait