Imron: Donor Darah Pengganti Shodaqoh

Selasa 18-02-2020,14:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Berbagai upaya dilakukan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon membantu sesame untuk misi kemanusiaan. Kemarin (17/2), agenda donor darah yang digelar DPC PDIP itu mampu menggugah masyarakat dalam menumbuhkan rasa solidaritas.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Drs H Imron MAg mengatakan, agenda sosial donor darah ini mendapat respon positif masyarakat. Bahkan, antusiasnya sangat tinggi. Artinya, bukan hanya kader PDIP yang sudah terbiasa mendonorkan darahnya. Sebab, rajin mendoronorkan darah dapat meminimalisir terjangkitnya penyakit.

\"Donor darah ini, sama seperti shodaqoh. Karena misinya membantu kemanusiaan. Ketika terjadi krisis darah yang terjadi dapat teratasi,\" ujar Imron kepada Radar Cirebon, usai mendonorkan darahnya.

Selain itu, kata Imron, dengan melakukan donor darah bisa membantu memperlancar aliran darah. Bahkan, jika rutin mendonorkan darah bisa terhindar dari risiko terkena serangan jantung, kanker, dan stroke.

\"Manfaat donor darah juga meningkatkan produksi sel darah merah. Karena Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Itu berdasarkan keterangan medis,\" jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Cirebon, Sophi Zulfia SH MH mengaku bersyukur. Sebab, rangkaian acara HUT PDI berlangsung lancar. Terlebih saat mendapat respon positif, baik dari internal kader PDI Perjuangan sendiri, maupun pihak luar. Alhasil, ratusan labu berhasil dikumpulkan. Padahal, durasi waktu kurang lebih, hanya 5 jam.

\"Kita menggerakan nilai-nilai kemanusiaan. Karena kita peduli dengan sosial. Donor darah ini sebagai simbol membantu sesama. Apalagi, tidak sedikit kader dan masyarakat luar yang ikut mendonorkan darahnya,\" imbuhnya.

2

Dia menambahkan, melalui aksi donor darah, membantu PMI Kabupaten Cirebon, akan ketersediaan stok darah. \"PMI yang bertanggungjawab dalam penyaluran darah dari pendonor. Momen hari jadi ini, kita sekaligus mensupport PMI agar stoknya tersedia untuk orang-orang yang membutuhkan. Alhamdulillah tadi hasilnya banyak,\" terangnya. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait