Warga Taat Pajak Diberi Cenderamata

Kamis 20-02-2020,14:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

INDRAMAYU- Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis mulai menggencarkan operasi terpadu tertib kendaraan bermotor di triwulan pertama tahun 2020 ini.

Menggandeng jajaran Kepolisian Resor Indramayu, SubDenpom III/Indramayu, Dishub, Jasa Raharja dan Bank bjb, operasi gabungan menyasar Kendaraan Bermotor yang Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU). Baik roda dua maupun roda empat yang melintasi jalan raya pantura Kandanghaur, Rabu (19/2).

Warga memberikan apresiasi terhadap upaya Samsat Haurgeulis menggelar operasi gabungan sekaligus membuka pelayanan pembayaran pajak kendaraan (PKB) bermotor melalui mobil Samsat Keliling yang standby di lokasi yakni Alun-alun Kecamatan Kandanhaur.

“Untung ada operasi terpadu ini, jadi bayar pajak tidak harus ke Kantor Samsat Haurgeulis. Apalagi bayar pajak disini malah dikasih Cenderamata,” ucap Ahmad dengan nada senang.

2

Namun bapak dua orang anak ini menegaskan, hadiah bukan menjadi tujuan. Sebagai warga negara yang baik, dirinya menyadari pentingnya membayar PKB sebagai salah satu sumber pendapatan daerah yang penting untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pelaksanaan pembangunan.

Manfaat lainnya dari PKB, yaitu untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat, membantu peningkatan pendapatan pemda melalui bagi hasil pajak dan meningkatkan ketenangan serta kepastian hukum bagi WP.

Ahmad pun mengajak kepada para pemilik kendaraan bermotor agar taat pajak demi terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan. “Minimalnya kalau sudah bayar pajak, kita berkendara kemana saja tenang. Tidak khawatir ditilang sama pak polisi,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala UPTD P3D Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis, H Deni Handoyo SSos MM menjelaskan, untuk menekan angka KTMDU, selain melalui pendekatan sosialisasi kemudahan akses untuk membayar pajak, perlu dilakukan syok terapi melalui opgab untuk lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak.

Dalam pelaksanaan razia, bagi pelanggar pajak kendaraan bisa langsung membayarnya di lokasi. Dia membenarkan, operasi terpadu merupakan salah satu upaya dalam mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan.

Tags :
Kategori :

Terkait