Menyusul Li Wenliang, Direktur RS Wuhan Meninggal Akibat Virus Corona

Kamis 20-02-2020,16:15 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

LIU Zhiming, Direktur Rumah Sakit Wuhan Wuchang, Wuhan, China, meninggal dunia karena virus corona. Kabar itu disampaikan ostasiun TV pemerintah setempat. Dijelaskan bahwa pria cerdas itu menghembuskan napas terakhir setelah terinfeksi corona.

Kepergian Liu Zhiming menambah panjang deretan orang terkemuka di Wuhan yang meninggal akibat virus corona. Awal Februari, jutaan warga setempat diselimuti duka atas kepergian Li Wenliang, dokter yang sebelumnya mendapat teguran karena mengeluarkan peringatan dini soal virus corona.

Seperti halnya kematian Li, kabar di kalangan pengguna media sosial di China, kondisi Liu pada Senin malam simpang siur. Departemen propaganda Partai Komunis dari Komisi Kesehatan Hubei menulis unggahan di media sosial soal kematian Liu akibat virus corona. Namun, tak beberapa jam kemudian pihak yang sama menyebutkan bahwa Liu masih hidup.“Informasi ini menurut kerabat Liu, pihak rumah sakit masih berupaya melakukan usaha terbaik untuk menyelamatkannya,” jelas Komisi Kesehatan China dalam keterangannya.

Komisi Kesehatan tidak mengunggah pesan apa pun sejak stasiun TV pemerintah mengumumkan kematian Liu pada Selasa (18/2). Beijing dituding menutup rapat keadaan terkait wabah Infeksi Saluran Pernapasan Berat Akut (SARS) pada 2003. Dalam wabah virus corona saat ini, Beijing diminta untuk terbuka.

Sementara pejabat tinggi bidang kesehatan China mengatakan pada Jumat (14/2) bahwa 1.716 pekerja medis terinfeksi oleh virus corona, enam di antaranya meninggal. Puluhan ribu pekerja medis telah berjuang memerangi penyebaran virus corona, yang diyakini pertama kali berasal dari salah satu pasar makanan laut di Wuhan, Ibukota Provinsi Hubei. (fin/ful)

Tags :
Kategori :

Terkait