Kuwu Kecewa Statemen BBBWS

Jumat 21-02-2020,11:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Komentar BBWSCC terkait embung bukan diperuntukan buat pengendali banjir, sangat disesalkan warga Kecamatan Karangwareng. Pasalnya, warga melalui Pemdes Sumurkondang yang difasilitasi salah satu anggota DPR RI periode 2014-2019, mengajukan pembangunan embung untuk mengendalikan banjir di Kecamatan Karangwareng.

Kuwu Sumurkondang, Heriyanto kepada Radar Cirebon mengatakan, pihaknya sangat kecewa dengan komentar kepala BBWS yang menyatakan Embung Sumurkondang bukan untuk mengendalikan banjir. “Kok mereka malah jawabnya begini, sangat bertolak belakang dengan tujuan dan keinginan warga,” ujarnya.

Heri mengatakan, pihaknya mengajukan pembangunan embung melalui anggota DPR RI tujuan utamanya untuk mengendalikan banjir. “Nah kami ajukan pembangunan embung melalui pak Yoseph (DPR RI 2014-2019 ‘red) itukan tujuan utamanya untuk mengendalikan banjir di desa tetangga kami di Kecamatan Karangwareng,” tuturnya.

Pasalnya, sejak dulu Kecamatan Karangwareng sering menjadi langganan banjir. “Dari dulu itu, Karangwareng selalu banjir ketika musim hujan. Hujan sedikit besar sudah banjir. Jadi memang langganan banjir sejak dulunya,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajukan pembangunan embung kepada Anggota DPR RI periode 2014-2019 Yoseph Umarhadi sebagai pengendali banjir. “Kalau nggak salah saat reses kami ajukan pembangunan embung itu. Dan selang beberapa tahun kemudian BBWS melakukan pembangunan embung,” bebernya.

Heri menceritakan, sejak perencanaan pembangunan embung, BBWS CC tidak percaya jika lokasi embung tersebut akan banyak air, sehingga menyebabkan banjir.

Heri merasa kecewa dan menganggap adanya pembangunan embung sangat mubazir. “Anggaran cukup besar, namun tujuan dari pembangunan embung sendiri tidak terealisasi. Itu kan sangat mubazir,” ucapnya.

2

Pihaknya berharap BBWS bisa segera kembali memperbaiki embung agar bisa dimanfaatkan sebagai tujuan utama dibangunnya embung tersebut. “Kita siap duduk bersama dengan BBWS. Kita ingin embung ini benar-benar bisa dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar. Sehingga, tujuan utama dari pembangunan yang merupakan keinginan warga bisa direalisasi,” pungkasnya. (den)

Tags :
Kategori :

Terkait