Ribuan Pesilat Ikut Kejuaraan Satria Cirebon Open 2020

Jumat 21-02-2020,18:49 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Sebanyak 1.228 pesilat dari usia dini tingkat SD, praremaja (SMP), remaja (SMA), hingga dewasa (perguruan tinggi) berlaga di Satria Cirebon Open tingkat nasional di Sporthall (GOR) Bima, Kota Cirebon, Jumat (21/2).

Kepada radarcirebon.com, ketua panitia, Jamal mengatakan, mayoritas pesilat datang dari berbagai daereh di dan luar Jawa Barat.

\"Jumlah pesertanya 1.228 orang dengan 95 kontingen. Dan akan berlangsung selama tiga hari. Adapun kategorinya Dewasa, SMA, SMP dan SD,. jadi turnamen Satria Open ini baru kali pertama diadakan,\" katanya.

Jamal berharap, dengan turnamen ini dapat menelorkan bibit-bibit atlet pencak silat.

\"Selain itu juga turnamen ini untuk membangkitkan semu komponen dunia persilatan agar melestarikan seni budaya pencak silat jangan sampai diklaim oleh negara lain. Dan terlaksananya turnamen ini berkat dukungan dari Pemkot Cirebon, KONI Kota Cirebon serta semua komponen,\" ucapnya.

Sementara itu, Walikota Cirebon Nasrudin Azis mengaku takjub dengan jumlah peserta pencak silat Satria Cirebon Open 2020 mencapai ribuan orang.

\"Ini sangat luar biasa karena pesertanya tembus hingga ribuan dan bertaraf nasional. Dan ini merupakan langkah besar yang dilakukan klub pencak silat yang ada di Kota Cirebon. Ini menunjukkan bahwa semangat para pembina silat di Kota Cirebon sangat baik dan akan mampu memberikan motivasi bagi para pesilat-pesilat atau anak-anak yang akan belajar silat. Semoga ini akan mampu mempertahankan tradisi bahwa Kota Cirebon gudang atlet pencak silat yang dapat kita sumbangkan tingkat Jawa Barat maupun Nasional,\" katanya. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait