WTC Perlu Peningkatan SDM, Bupati Berkeinginan Bangun SMK Baru

Senin 24-02-2020,11:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON - Pemerintah Kabupaten Cirebon berusaha mengurangi jumlah pengangguran. Terlebih, jumlah pengangguran di Kabupaten Cirebon nomor dua di Jawa Barat.

Salah satu solusi yang akan dilakukan, dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui kompetensi di dunia pendidikan. Bupati Cirebon Drs Imron MAg menginginkan pembangunan SMK baru di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Terkait kewenangan SMK ada di Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Cirebon hanya menyediakan lahan. Sedangkan pembangunan diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

\"Kami mendorong kepada Pemprov Jabar untuk membangun SMK baru. Kami akan menyediakan lahan. Mengenai pembangunan, pemprov yang melakukan,\" ujar Imron kepada Radar Cirebon, kemarin (23/2).

Menurutnya, peningkatan SDM dirasa sangat penting. Dengan peningkatan SDM, akan semakin tinggi peluang untuk bekerja. Dengan bekerja, maka ekonomi akan meningkat dan kesejahteraan bakal lebih baik.

Efek lainnya, kesehatan akan lebih terjamin dan jumlah pengangguran akan berkurang. \"Sebenarnya kalau bisa mengatasi pengangguran itu efeknya luas. Kesehatan, kesejahteraan, ekonomi dan sebagainya,\" paparnya.

Dia menjelaskan, wilayah timur Kabupaten Cirebon sebagai zona industry, mampu menyerap tenaga lokal berkualitas. Dengan kondisi ini, maka ke depan, kualitas masyarakat Kabupaten Cirebon lebih baik dan investor berdatangan untuk berinvestasi.

2

\"Kami setuju saja asalkan benar-benar mampu menyerap tenaga kerja lokal. Namun harus mencari investor dulu yang mau membangun pabrik,\" pungkasnya. (sam)

Tags :
Kategori :

Terkait