BARCELONA - Janji Suzuki untuk memperlihatkan prototype motor yang bakal diterjunkan ke MotoGP benar-benar terpenuhi kemarin di Sirkuit Barcelona. Lebih segar lagi, Suzuki resmi mengumumkan untuk kembali ke ajang MotoGP. Namun, comeback Suzuki baru akan dilakukan pada musim 2015, bukan 2014 seperti yang banyak diberitakan sebelumnya. Pada pertengahan November 2011 lalu atau di akhir musim 2011, Suzuki mengumumkan mundur dari gelaran MotoGP. Saat itu pabrikan Jepang tersebut juga menargetkan kembali ke balapan grand prix balap motor kelas primer pada tahun 2014. Semenjak itu, kabar mengenai potensi kembalinya Suzuki terus berkembang. Suzuki juga diketahui terus melakukan pengembangan pada motor yang dipersiapkannya. Pada prosesnya, Suzuki mengonfirmasi akan kembali ke MotoGP sedari 2015. Mereka pun mengikuti uji coba di Catalunya, kemarin. \"Suzuki Motor Corporation telah mengkonfirmasi akan kembali ke kelas primer pada tahun 2015, seiring dengan bergabungnya tim uji mereka dengan tim lain pada hari ini untuk penampilan pertamanya di Eropa,\" tulis situs MotoGP. \"Setelah tak lagi mengikuti kompetisi sejak 2012, Suzuki Motor Corporation telah menyusun tim pengujian untuk melakukan tes laju praktis di fase pengembangan akhir, dan akan berpartisipasi dalam tes resmi yang akan dilaksanakan di sirkuit Catalunya di Spanyol. Melalui tes laju berkelanjutkan dalam sirkuit di dalam dan di luar Jepang guna terus melakukan pengembangan dan pemolesan, Suzuki Motor Corporation akan berpartisipiasi lagi dalam balapan MotoGP sedari 2015,\" beber pernyataan tersebut. Disebutkan, mantan bos Valentino Rossi di Yamaha, Davide Briivio, akan menjadi manajer tim untuk pengujian di Eropa pada tahun 2013 ini. Sedangkan Randy de Puniet menjadi pebalap pengembangan motor 1.000cc Suzuki. Suzuki merupakan tim yang memiliki sejarah cukup panjang dalam kejuaraan dunia grand prix balap motor. Pertama kali mereka memasuki kompetisi pada 1974 saat masih melombakan motor-motor 500cc. Tidak kurang dari enam gelar juara dunia telah disabet di kelas primer. Pembalap Amerika Serikat (AS) Kenny Roberts Jr menjadi nama terakhir, yaitu pada tahun 2000 yang mempersembahkan gelar juara. (ady) Petualangan Suzuki di MotoGP SUZUKI pernah merasakan kejayaannya pada era 1970-an dan 1980-an. Pada 2000 juga mencuri sukses melalui Kenny Roberts Jr. Tetapi, krisis finansial memaksa Suzuki mundur di akhir 2011. Berikut perjalanan panjang Suzuki di kelas premier grand prix motor. (ady/ham) 1974 Tahun pertama berkompetisi di kelas 500cc, dengan dua pembalap Barry Sheene (Inggris) dan Jack Findlay (Australia) yang memakai motor Suzuki RG500. 1975 Sheene mempersembahkan kemenangan pertama di GP Belanda. Pada tahun itu, Sheene meraih dua kemenangan dan finis di posisi keenam klasemen akhir. 1976 dan 1977 Sheene meraih gelar juara dunia. Pada 1975 dia memenangkan lima balapan, sedangkan di tahun berikutnya menang enam balapan. 1981 Suzuki kembali meraih gelar juara dunia melalui pembalap Italia Marco Lucchineli. Dia memenangkan lima dari sebelas balapan musim itu. 1982 Lucchinelli pindah ke Honda, tetapi Suzuki mendapatkan pengganti sepadan dalam diri Franco Uncini. Uncini mempersembahkan gelar juara setelah menang di lima balapan. 1983 Di akhir musim, Suzuki mengumumkan tak akan berpartisipasi pada musim berikutnya. Tim HB Suzuki tak lagi mendapatkan dukungan dari pabrikan Suzuki. 1987 Suzuki kembali ke grand prix dengan bendera tim Heron-Suzuki, meski tak berstatus sebagai tim reguler. Kevin Schwantz (AS) dan Takumi Itoh (Jepang) memperkuat tim tersebut. 1988 Tim Pepsi Suzuki masuk grand prix dengan status reguler. Schwantz masih bersama tim dan meraih dua kemenangan di musim tersebut. 1993 Penantian panjang Schwantz bersama Suzuki untuk meraih gelar juara berakhir. Dengan memenangkan empat balapan, Schwantz meraih gelar juara dunianya di kelas premier. 2000 Suzuki kembali meraih gelar juara melalui aksi Kenny Roberts Jr. Gelar tersebut adalah yang terakhir bagi Suzuki di kelas premier. 2011 Pada November, atau di akhir musim 2011, Suzuki mengumumkan tak berpartisipasi di musim berikutnya. Krisis finansial yang melanda Jepang dan dunia jadi alasan utamanya. Pembalap Suzuki yang Meraih Glar Juara Dunia di 500cc/MotoGP Barry Sheene (1976 dan 1977) Marco Lucchinelli (1981) Franco Uncini (1982) Kevin Schwantz (1993) Kenny Roberts Jr (2000)
2015, Suzuki ke MotoGP
Selasa 18-06-2013,14:56 WIB
Editor : Dedi Darmawan
Kategori :