Kecamatan Terbaik, Kramatmulya Jadi Rujukan Sumedang

Sabtu 29-02-2020,00:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Atas prestasi peringkat pertama kategori Sinergitas Kecamatan tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018, Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan dikunjungi langsung Pemerintah Kabupaten Sumedang. Maksud kedatangannya di Kramatmulya untuk menggali informasi dan bertukar ilmu mengenai Sinergitas Kecamatan.  

Ada sembilan orang dari rombongan Pemerintah Kabupaten Sumedang, termasuk unsur kecamatan dari Sumedang. Rombongan ini diterima baik Camat Kramatmulya Guruh I Zulkarnaen SSTP MSi didampingi Sekmat Kramatmulya Nana Supriatna MSi, serta unsur Bagian Tapem Setda Kuningan.

Camat Kramatmulya Guruh Irawan Zulkarnaen dalam keterangan persnya menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja dari Pemerintah Kabupaten Sumedang di Kecamatan Kramatmulya. Pada dasarnya, kunker ini merupakan ruang untuk sama-sama belajar dan berupaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kiat untuk peningkatan pembangunan sinergitas kecamatan, yakni membangun komitmen dari unsur pimpinan kepala daerah sampai camat dan staf kecamatan. Hal ini untuk meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ungkap Guruh, Kamis (27/2).

Tak hanya itu, dia menyebutkan, ada juga beberapa inovasi Kecamatan Kramatmulya meliputi sistem informasi kecamatan (Simacan), arsip digital anjungan, display, dan membuat inovasi yang bekerja sama dengan lintas sektoral (BNK, STKES, Dinas P5D, DINKES, PDGI dan UPI).

“Tingkatkan kerja sama tim baik internal maupun eksternal (forum koordinasi kecamatan, desa, UPT/UPTD, dan SKPD). Namun tak ketinggalan pula, semua kegiatan yang dilaksanakan kecamatan harus terdokumentasikan dengan baik, ditunjang dengan prestasi desa maupun UPT/UPTD baik dalam bidang pendidikan, keagamaan, perekonomian dan yang lainnya,” ungkap Guruh.

Sementara itu, Kabag Tapem Setda Kabupaten Sumedang Asep Uus menjelaskan, bahwa kunjungan ini untuk menggali informasi mengenai pembangunan sinergitas kinerja kecamatan. Pada hakekatnya, hal ini ditujukan dalam rangka mendorong kecamatan sebagai pusat pelayanan terdekat dengan masyarakat.

2

“Selain itu sebagai pusat pemberdayaan masyarakat, pusat pertumbuhan ekonomi, sosial, dan budaya. Sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik secara optimal,” tandasnya.

Berdasarkan data yang ada, pihaknya memutuskan, bahwa Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan adalah salah satu kecamatan yang telah melaksanakan best practice tentang pembangunan sinergitas kinerja kecamatan dengan baik.

“Sehingga Kecamatan Kramatmulya menjadi daerah rujukan bagi Kabupaten Sumedang untuk penerapan di daerah,” ucapnya. (ags)

Tags :
Kategori :

Terkait