188 WNI Mulai Observasi di Sebaru

Sabtu 29-02-2020,11:30 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

SEBANYAK 188 WNI yang merupakan kru kapal World Dream yang sebelumnya dipindahkan ke KRI Soeharso sudah tiba di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jumat sore (28/2). Mereka akan menjalani observasi pencegahan virus corona selama 14 hari.

KRI Soeharso sendiri merapat di perairan dekat Pulau Sebaru Kecil sejak pukul 13.15. Proses pemindahan para WNI ke Pulau Sebaru Kecil menggunakan Landing Craft Utility (LCU) milik TNI baru dimulai sekitar pukul 16.30 WIB. Di dermaga, petugas yang menggunakan alat pelindung diri (APD) terlihat menyambut kedatangan mereka.

Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono mengatakan para WNI itu akan terlebih dulu menjalani tes kesehatan. Selain itu, disemprot cairan disinfektan. Dikatakan, 188 WNI itu akan melakukan berbagai kegiatan selama masa observasi. Hampir sama dengan kegiatan yang diikuti 238 WNI dari Wuhan saat menjalani observasi di Natuna.

Sebelumnya, Yudo juga meminta kepada masyarakat terutama nelayan di Kepulauan Seribu untuk tidak mendekati Pulau Sebaru. “Kesepakatan sterilisasi ada pengamanannya. Jadi tidak boleh masuk. Kalau sudah begitu (steril), masa ingin masuk,” kata Yudo. (gw/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait