Melihat Kemeriahan Spectrum 2020

Sabtu 29-02-2020,19:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

Hajat tahunan SMPN 1 Kota Cirebon selalu meriah. Beragam kegiatan yang mewadahi minat dan bakat siswa digelar. Seperti apa kemeriahannya?

KHOIRUL ANWARUDIN, Kejaksan

SPENSA Creatrix Artes Festum (Spectrum) selaku menghadirkan suasana yang berbeda. Pentas seni SMP Negeri 1 Cirebon menyajikan berbagai kegiatan yang menampung berbagai bakat seni para siswa. Selain itu, penyelenggaran tahun ini juga dibuka langsung oleh Walikota Cirebon, Drs H Nashrudin Azis SH.

Kehadiran orang nomor satu di Kota Cirebon tersebut semakin menyemarakan suasana pentas seni di SMPN 1 Cirebon.

Kepala SMPN 1 Cirebon, Lilik Agus Darmawan mengatakan, tahun ini Spectum mengambil tema heritage atau warisan budaya. Dengan tema tersebut para siswa diharapkan mampu menghargai dan menghormati peninggalan budaya yang ada di sekitarnya. Selain itu, Spectrum juga menjadi wadah bagi siswa siswa berprestasi.

“Dengan sejumlah penampilan yang ditampilkan para siswa SMP Negeri 1 Cirebon, bakat seni mereka pun dapat tersalurkan. Spectrum ini juga untuk melatih tanggung jawab, kerja sama dan rasa percaya diri para siswa,” kata Lilik, kepada Radar Cirebon, Jumat (28/2).

Lilik menjelaskan, sebelumnya gelaran acara ini sudah didahului dengan pelaksanaan Spensa Talent. Di sana dihadirkan berbagai lomba yang diikuti siswa SD se-wilayah III Cirebon. Adapun kegiatan dalam Spensa Talent sendiri berisikan lomba-lomba mata pelajaran termasuk dengan seni budaya yang diperuntukan bagi siswa SD sederajat di Cirebon dan sekitarnya.

2

Kegiatan tersebut juga guna mendukung bakat para siswanya. Sehingga selain dari sisi akademik, keagamaan juga olahraga, seni budaya juga perlu ditingkatkan keberadaannya.

\"Karena ini program rutin kami setiap tahunnya, kami harapkan dari tahun ke tahun pesertanya selalu meningkat. Karena kami ingin mewadahi potensi-potensi jara para siswa SD sederajat di Kota Cirebon dan sekitarnya,\" tuturnya.

Selain itu kemeriahan Spectrum 2020 tambah semarak dengan kehadiran artis ibukota seperti Hanin Diya dan Andmesh Kamleng. Dalam kesempatan tersebut, Walikota Cirebon juga turut meresmikan Gedung Olahraga Outdoor yang sangat representatif untuk mendukung kegiatan seni dan olahraga.

Dalam sambutannya, Nazrudin Aziz yang juga merupakan alumni SMPN 1 Cirebon mengaku bangga dengan  penyelenggaraan Spectrum di SMPN 1 Cirebon. Dengan acara seperti ini dapat menjadi wadah kreasi bakat para siswa. Terlebih penampilan yang ada di program tersebut tak melupakan nilai-nilai kearifan lokal di dalamnya.

“Kami sangat menyambut baik dan mengapresiasi setinggi tingginya. Karena ini sangat berdampak baik terhadap dunia pendidikan. Khususnya terhadap para siswa,” ungkapnya. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait