Puluhan Warga Garut Terjangkit Chikungnya

Minggu 01-03-2020,01:30 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

GARUT – Puluhan warga Kampung Pasirmalang, Desa Tanjung Kemuning, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, terjangkit penyakit chikungunya. Saat ini masyarakat yang terserang penyakit tersebut sudah mendapat perawatan di Puskesmas Tarogong.

Para korban ini dirawat di puskesmas karena mengalami flu, demam berkepanjangan, gatal-gatal dan bintik merah pada beberapa bagian tubuh, nyeri tulang persendian hingga diare. “Awalnya saya flu, terus demam tinggi dan nyeri persendian. Jadi saya dibawa ke sini (puskesmas),” ujar Idah Nuraeni (41), salah satu warga yang terserang penyakit chikungunya, Jumat (28/2).

Menurut dia, penyebaran penyakit itu berlangsung secara mendadak. Dia yang sebelumnya segar bugar, tiba-tiba mengalami demam beberapa hari, kemudian diikuti sakit luar biasa di bagian persendian. “Saya juga sempat diare,” ujarnya.

Sementara itu, Masruroh, petugas kesehatan lingkungan dari Puskemas Tarogong mengakui, bahwa saat ini banyak masyarakat yang dirawat akibat dugaan penyakit chikungunya. Dugaan tersebut, berdasarkan hasil pemeriksaan awal dari gejala yang dialami para korban, rata-rata mengeluhkan demam atau suhu badan mengalami panas lebih dari dua hari, timbulnya bintik merah, nyeri di bagian persendian, hingga sulit berjalan.

“Dugaan sementara chikungunya, namun lebih pastinya menunggu hasil laboratorium. Saat ini kita masih menunggu,” ujarnya. (yan)

Tags :
Kategori :

Terkait