Pohon Tumbang Tutup Jalan, Motor Dinas Penyuluh Tertimpa Angsana

Minggu 01-03-2020,04:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Hujan deras disertai angin kencang pada hari Jumat (28/2) sore menyebabkan pohon tumbang di dua lokasi berbeda.

Di lokasi pertama, pohon bidara berukuran cukup besar di Desa Cihideunggirang, Kecamatan Cidahu, tumbang menutup akses jalan raya penghubung Ciawi-Cirebon. Peristiwa pohon tumbang yang terjadi sekitar pukul 16.15 WIB tersebut praktis menyebabkan arus lalu lintas di jalan raya menuju Cirebon maupun sebaliknya lumpuh total.

Kejadian ini pun langsung mendapat penanganan petugas BPBD Kuningan dibantu regu Pemadam Kebakaran dan aparat kepolisian, TNI serta warga setempat bergotong royong melakukan pembersihan batang pohon bidara yang melintang. Dengan menggunakan gergaji mesin dan golok, petugas memotong ranting dan batang pohon bidara tersebut kemudian menggesernya ke pinggir jalan. Proses pembersihan pohon tumbang ini pun akhirnya selesai sekitar pukul 19.00 WIB dan arus lalu lintas pun seketika lancar kembali.

Di lokasi kedua, pohon tumbang terjadi di Desa Mancagar sekitar pukul 16.00 WIB menutup akses jalan menuju Desa Cinagara. Nahas, satu unit kendaraan dinas roda dua milik petugas penyuluh pertanian yang sedang terparkir menjadi korban karena terimpa pohon.

\"Lokasi pohon tumbang persis di depan Kantor UPTD Pertanian Lebakwangi. Kebetulan ada motor milik petugas penyuluh pertanian yang sedang parkir tertimpa hingga mengalami kerusakan di bagian depan,\" ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Agus Mauludin kepada Radar Kuningan.

Kejadian pohon tumbang ini langsung mendapat penanganan petugas BPBD dan warga setempat serta aparat dari Polsek dan Koramil. \"Hingga malam hari proses pembersihan material pohon tumbang masih berjalan. Diupayakan pembersihan bisa selesai secepatnya,\" ujar Agus.

Atas kejadian ini, Agus pun mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dan mewaspadai setiap kali terjadi hujan deras apalagi disertai angin kencang. Agus mengatakan, hindari berteduh di bawah pohon untuk menghindari kemungkinan tumbang dan sebaiknya mencari bangunan kokoh yang jauh dari pepohonan. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait