SMPK Penabur Plus Juara Matematika di Tegal

Senin 02-03-2020,01:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

CIREBON – Gustav Ian Setiabudi, siswa kelas VIII SMPK Penabur Plus Cirebon berhasil keluar sebagai juara 3 kompetisi matematika yang dihelat Universitas Pancasakti Tegal, Sabtu (22/2). Perlombaan di ikuti SMP/MTS se Jawa Tengah dan Cirebon. Lomba terdiri dari 2 babak. Tahap pertama seleksi dan menghasilkan 15 siswa terbaik. Dan kemudian lanjut tahap 2 dengan mengerjakan soal. Mereka yang unggul masuk 6 besar.

Guru pembimbing matematika, Ratnani  Lintang JSSi mengatakan, pihak sekolah mengirim beberapa perwakilan siswa untuk mengikuti ajang perlombaan tersebut. Termasuk tingkat SMP dan SMA. “SMP ada 3 siswa, dan SMA 1 siswa. Dan Ian yang lolos sebagai juara 3,” ujarnya kepada Radar, Sabtu (29/2).

Masih diperlombaan yang sama, siswa lain yakni Michael Darren EL berhasil keluar sebagai juara harapan 2. Pihak sekolah merasa bangga atas capaian yang diraih peserta didiknya. Ratnani menuturkan, Gustav Ian Setiabudi adalah anak yang pintar dan jahil. Ian, kata Ratnani, selalu tekun dan belajar dengan sungguh-sungguh, ketika akan menghadapi perlombaan.

“Ian ini memang suka matematika. Belajar dan mengerjakan semua buku, termasuk mengikuti les ke sana dan ke sini ketika lomba akan dilakukan,” ujar Ratnani, menceritakan kebiasaan Ian sebelum lomba dilakukan.

Pihak sekolah membiasakan peserta didiknya mengikuti Training Center (TC) sebelum kompetisi dilakukan. Tiga hari atau satu minggu pra lomba, TC dilakukan dengan mengerjakan, pembahasan, serta pelatihan soal. Selama TC, para siswa dibebaskan dari pelajaran reguler yang setiap hari biasa di ikuti.

Ian termasuk peserta didik lain di SMPK dan SMAK Penabur Plus, kata Ratnani, masih akan terus berjuang untuk mengikuti event lomba selanjutnya. Diharapkan mereka bisa lolos olimpiade, baik tingkat kota, provinsi, hingga nasional. “Target kami Ian bisa mengikuti dan lolos Kompetisi Sains Nasional (KSN),” ungkapnya.

KSN dikabarkan akan dilakukan Maret 2020 bulan ini. KSN adalah kompetisi tahunan paling bergengsi, serta diikuti seluruh sekolah di Indonesia. Berkaca tahun sebelumnya, seleksi KSN dilakukan bertahap. Mulai dari tingkat kota, provinsi, dan yang lolos berhak melenggang ke persaingan tingkat nasional. (ade/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait