Ponpes Al-Mizan Jadi Tuan Rumah FPQN Jabar

Selasa 03-03-2020,03:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

MAJALENGKA- Festival Pendidikan Alquran Nasional (FPQN) tingkat Provinsi Jawa Barat digelar di kompleks Ponpes Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka, Sabtu (29/2). Pembukaan FPQN tingkat Provinsi Jawa Barat itu berlangsung meriah dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Dalam sambutannya Wagub Uu meminta festival ini mampu memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pentingnya ilmu tarbiyah dan siyasah diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. “Hal ini lah yang saya catat bahwa ada pemahaman yang sama pentingnya antara pendidikan agama dengan ilmu politik, sehingga bisa membangun masyarakat dan negara kuat,” ujarnya.

Menurutnya, harus ada kerja sama antara ahli tarbiyah dan siyasah untuk bergerak beriringan dalam membangun masyarakat. “Selama ini saya amati, ahli pendidikan agama dengan ahli ilmu politik tidak jalan beriringan. Kalau kata orang Sunda aingan-aingan (masing-masing),” ujar Uu.

Sementara itu, Pengasuh Pontren Al mizan, KH Maman Imanulhaq, menyambut gembira pelaksanaan FPQN tingkat Jabar di Al Mizan. Kang Maman juga mengapresiasi kehadiran Wagub, Kapolres, Pemkab Majalengka dan tamu undangan. Hal itu menajdi spirit bagi Pontren Al mizan untuk mengembangkan pendidikan Alquran.

Kang Maman pun mengajak seluruh undangan untuk selalu mengembangkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sosial.

\"Kita berharap anak-anak kita menjadi mujahid-mujahid Alqurann untuk menjaga keseimbangan sosial bangsa Indonesia,” pungkas Kang Maman.

Anggota Komisi VIII DPR RI itu pun berjanji akan mendorong regulasi dan Undang-Undang untuk meningkatkan kesejahteraan para guru TPQ dan TKQ.

2

Terpisah, Kepala Kemenag Majalengka, DR H Yayat Hidyat MAg melalui Kasi Pontren, Drs H Moch Risan MPdI menyebutkan pelaksanaan Festival Pendidikan AlQuran Tingkat Jawa Barat pertama kalinya dilaksanakan di Kabupaten Majalengka. Adapun lomba yang dilaksanakan di antaranya lomba adzan, senam, doa harian, hafalan Juz dan lomba busana muslim. (ara)

Tags :
Kategori :

Terkait