PNBT Dongkrak Daya Beli di Tengah Perlambatan Ekonomi

Selasa 03-03-2020,18:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

CIREBON - Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menaikkan besaran program sosial non tunai (PBNT) untuk sembako murah menjadi Rp200 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM), dari sebelumnya Rp150 ribu.

Kenaikan besaran nilai bantuan sosial non tunai ini diharapkan dapat meningkatkan daya beli masyarakat di tengah kemungkinan terjadinya pelambatan ekonomi.

Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A) Kota Cirebon, Aria Dipahandi menuturkan, naiknya nilai PBNT maka item sembako yang diberikan juga bertambah.

Dari yang sebelumnya hanya untuk sumber karbohidrat seperti beras, jagung  dan sagu juga dari sumber protein, yakni telur, daging dan tempe tahu. Maka kini juga akan mencakup sumber vitamin dan mineral seperti sayur dan buah buahan.

“Dari nilai Rp200 ribu itu akan disesuaikan dengan harganya. Tapi harus mencakup ketiga jenis tersebut,” ujar Aria, kepada Radar Cirebon, Senin (2/3).

Penambahan nilai PBNT tersebut akan mulai berlaku pada periode Maret hingga Agustus. Di Kota Cirebon sendiri jelas Aria terdapat sedikitnya 16 ribu KK yang tercatat sebagai KPM PBNT. Selain PBNT, Kemensos juga mempunyai program sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan Pemberian Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan  (PBIJK).

Beberapa program tersebut dirasakan cukup berhasil, meskipun harus ada pembenahan pembenahan. Utamanya soal data supaya penerima manfaat benar benar tepat sasaran. “Mudah mudahan dengan program ini ibarat menjadi kail untuk menangkap ikan. Untuk mengentaskan mereka supaya bisa lebih mandiri dan sejahtera,” katanya.

2

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan verifikasi dan validasi (verval) data untuk penerima PKH, PBNT dan PBIJK. Dari data yang sudah ada, akan dilakukan verifikasi melalui sistem aplikasi Pandu Sobat (Pemantauan Digital mengenai Program Sosial secara akurat).

Diharapkan dengan adanya verval, program program sosial disalurkan kepada masyarakat dengan tepat sasaran. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait