Pembalap Asal Cirebon Juara hingga Detik Akhir di Final Nasional YCR 2020

Rabu 04-03-2020,05:35 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON – Pembalap muda Kabupaten Cirebon, Riky Ibrahim, sukses merebut gelar juara pertama Yamaha Cup Race (YCR) 1 2020 yang berlangsung di Sirkuit Gokart Boyolali, Jawa Tengah, akhir pekan lalu. Riky turun di kelas YCR 2 Moped 4T  150 cc. Bersaing ketat dengan Aldiaz Aqsal Ismaya hingga detik-detik akhir menjelang finis.

Di kelas ini, aksi kejar-kejaran memang berlangsung sengit antara empat pembalap terdepan. Riky Ibrahim yang mengawali balapan dari posisi kedua, merangsek maju merebut posisi pertama yang sebelumnya ditempati Aldiaz Aqsal Ismaya.

Ilham Elsa Efendy dan Galang Tor Tor juga terus membayang-bayangi di posisi tiga dan empat selama 18 lap. Konsistensi Riky pun teruji dalam balapan kali ini. Dia tidak memberikan peluang sedikitpun kepada para pesaing untuk men-take over posisinya. Riky finis dalam waktu 16 menit 54,806 detik. Aldiaz berada tepat di belakangnya. Terpaut 0,095 detik saja dari Riky.

\"Balapan kemarin (Minggu, 1/3, red) itu seru banget. Dari awal sampai akhir memang sengit. Aldiaz terus berusaha nekan saya. Untungnya motor saya juga sangat mendukung. Stabil dan nyaman sampai akhir. Jadi saya bisa fokus jaga rice line,\" tutur Riky.

Riky termasuk pembalap baru di ajang ini. Dia langsung berhasil merebut juara pertama dan lolos ke putaran final yang akan dihelat di Surabaya, Jawa Timur, November 2020 mendatang. Menurut Riky, banyak persiapan yang harus dia lakukan menyongsong balapan di Surabaya.

“Yang di Boyolali itu final regional Jawa. Untuk final nasional di Surabaya,” terangnya.

“Masih ada waktu untuk persiapan lebih baik lagi sebelum final nasional di Surabaya. Yang jelas sih saya harus mempersiapkan kondisi fisik dengan bagus. Set up kaki-kaki motor juga perlu dilakukan lagi,” ungkap pembalap kelahiran Kuningan, 21 Juli 2002 tersebut.

2

Kesuksesan Riky di Boyolali juga membanggakan bagi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Cirebon. Ketua Korwil IMI Kabupaten Cirebon, Otong Mulyono memuji performa apik salah satu pembalap andalannya tersebut.

“Kita tahu, Riky memang sangat potensial untuk terus berkiprah di event balapan nasional,” katanya.

Riky juga bagian dari tim balap motor Jawa Barat yang sedang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Pembalap 18 tahun itu juga akan turut meramaikan kejuaraan balap motor bertajuk Cirebon Katon Championship II/2020, 21 Maret mendatang. Tahun lalu, Riky menjadi juara umum di event tersebut.

“Tahun ini Riky punya bekal yang lebih baik. Statusnya sebagai atlet PON Jawa Barat juga sebagai juara Yamaha Cup Race (YCR) 1 di Boyolali akan menambah rasa percaya dirinya sebelum bermain di rumah sendiri. Semoga tidak ada kendala sehingga Riky bisa mengulang prestasi tahun lalu di Cirebon Katon Championship,” pungkas Mulyono. (ttr)

Tags :
Kategori :

Terkait