UMKM dan Industri Kreatif Perlu Perhatian Khusus

Rabu 04-03-2020,13:30 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON – Anggota DPRD dari Dapil XII Provinsi Jawa Barat, Hj Yuningsih MM menyebut, banyak masukan dan permintaan dari UMKM serta pelaku usaha di Kabupaten Cirebon kesulitan mengembangkan usahanya karena kalah bersaing dengan usaha-usaha besar.

Hal tersebut disampaikan Yuningsih di sela-sela kegiatan reses di Desa Ciwaringin, kemarin. Menurutnya, sektor industri kreatif ataupun home industry bisa tumbuh subur dan maju di Cirebon. Asalkan ada keberpihakan secara maksimal, baik oleh Pemkab Cirebon ataupun Pemprov Jabar.

“Ada beberapa yang menyampaikan kepada saya terkait sulitnya mengembangkan home industry ataupun industri kreatif. Mereka meminta peran nyata serta adanya fasilitas yang diberikan pemerintah untuk menunjukan sektor industri kreatif di Cirebon,” ujarnya.

Menurut Yuningsih, fasilitas yang diharapkan para pelaku usaha UMKM tersebut, di antaraya selain permodalan dan pelatihan, juga tak kalah penting agar pemerintah bisa membantu memasarkan ataupun mempromosikan hasil dari industri kreatif tersebut.

“Ini yang perlu dilakukan. Pemerintah nantinya tidak hanya memberikan fasilitas bantuan modal dan pelatihan saja, namun tidak kalah penting, pemerintah juga harus membantu promosi dan mencarikan pasarnya. UMKM ini sulit tumbuh jika harus bersaing dengan usaha-usaha dengan pemodal besar jika tidak disupport secara maksimal oleh pemerintah,” imbuhnya.

Ditambahkan politisi PKB tersebut, ia akan mendorong Pemprov Jabar agar lebih memperhatikan para pelaku UMKM, khususnya di wilayah Cirebon dan Indramayu, agar masyarakatnya bisa maju, mandiri dan punya daya saing.

“Saya akan sampaikan masukan ini ke pemprov. UMKM harus disupport secara maksimal. Harus diperhatikan kebutuhannya dan target ke depan harus semakin banyak UMKM yang go internasional,” bebernya.

2

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Cirebon dari Fraksi PKB menjelaskan, PKB akan senantiasa mengawal dan membersamai masyarakat dalam hal dan kesempatan apapun.

“Sampaikan saja kepada kami apa yang menjadi masalah dan kendala yang dihadapi. Sebagai perwakilan rakyat, insya Allah kami akan perjuangkan apa yang menjadi kebutuhan dan harapan semuanya,” ungkapnya. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait