Travel Agent Ciayumajakuning Sumbang 20% Wisatawan di Candi Borobudur

Rabu 04-03-2020,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

Dikemas dalam acara bertajuk Serawung Bareng Hotel Malio Group, sejumlah travel agent se-Ciayumajakuning, Tegal dan Brebes berkumpul di Restaurant Kelapa Manis, kemarin (3/3). Kegiatan tersebut turut dihadiri perwakilan Pemerintah Kota dan Kabupaten Cirebon, serta perwakilan Keraton Kasepuhan Cirebon.

APRIDISTA SITI RAMDHANI, Beber

PERWAKILAN Malio Hotel Group, Joko P Prawiroputro menuturkan, kegiatan ini digelar dalam rangka memperkenalkan jajaran hotel yang tergabung dalam Malio Group. Yakni, Grand Senyum Hotel, Queen of The South Resort, Horison Urip Sumoharjo Hotel, Jentra Dagen Malioboro Hotel, Best City Hotel, Horaios Malioboro Hotel, Ceria Boutique Hotel, dan Kangen Boutique Hotel.

Selain mempromosikan jajaran Hotel Malio Group, turut diperkenalkan juga potensi-potensi pariwisata yang ada di Yogyakarta dan sekitarnya. \'Kegiatan ini rutin kami lakukan di berbagai kota, untuk memperkenalkan hotel-hotel Malio Group dan potensi pariwisata yang ada. Juga bersilaturahmi dengan para pelaku pariwisata,\" tuturnya, kemarin.

Cirebon, lanjutnya, dinilai sebagai kota yang berpotensi. Hingga saat ini, menurut data okupansi di hotel-hotel Malio Group Yogyakarta, wisatawan yang berasal dari Ciayumajakuning terutama Cirebon, persentasenya cukup banyak dan bertambah setiap tahun. Bukan hanya personal, namun juga dalam jumlah group.

\"Setiap tahun cukup banyak tamu kami dari Cirebon. Baik perjalanan pribadi, bisnis, wisata seperti keluarga dan group sekolah atau intansi. Kami menilai, Cirebon cukup berpotensi,\" terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Wilayah III Jawa Barat, Abdul Rozak menilai, kegiatan ini bisa memberikan impact baik pada pariwisata di Ciayumajakuning. Menurutnya, dengan pertemuan seperti ini, pihak hotel sebagai penyedia akomodasi dan pelaku pariwisata (vendor) Ciayumajakuning, bisa langsung bertemu dan berinteraksi. Apalagi, Ciayumajakuning khususnya Cirebon merupakan pasar yang potensial untuk wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

2

\"Dari data kunjungan wisata di Candi Borobudur contohnya. Ciayumajakuning menyumbang sebanyak 20% dari keseluruhan wisatawan yang datang. Yogyakarta dan Jawa Tengah memang masih menjadi destinasi favorit wisatawan kita,\" tukasnya. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait