Bazmallah, Gerakan Kepedulian Untuk Sesama

Jumat 06-03-2020,08:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

Didasari kepedulian kepada lingkungan dan sesama, warga Perumahan Griya Caraka RW 07, Desa Kalikoa, Kecamatan Kedawung, membentuk gerakan Bazmallah. Singkatan dari Bazar Amal Fii Sabilillah ini, merupakan gerakan kepedulian kepada sesama.

APRIDISTA SITI RAMDHANI, Kedawung

INISIATOR sekaligus Founder Gerakan Bazmallah, Ophie Wijaya mengungkapkan, ide gerakan kepedulian ini muncul ketika ada pembangunan renovasi masjid. Melihat kenyataan yang ada, pembangunan tersebut membutuhkan dana tidak sedikit. Akhirnya, salah satu cara agar renovasi tersebut berjalan sesuai yang diharapkan, pihaknya mengajak warga sekitar dan umat muslim lain untuk bersama berinfak di pembangunan masjid tersebut.

\"Saya dibantu juga oleh M Fadli (bendahara) Gionet Wisudiantoro (korlap) menawarkan ajakan kepada masyarakat untuk berinfak dengan cara cukup sederhana,\" ungkapnya kepada Radar, kemarin.

Untuk memberikan bantuan ini, masyarakat yang memiliki barang layak pakai di rumah baik berupa pakaian, alat elektronik atau peralatan lainnya yang memiliki nilai manfaat, bisa didonasikan. Nantinya, barang yang terkumpul akan dijual dengan terbuka dengan mendisplay di tenda Bazmallah yang digelar di Car Free Day Bima setiap hari Minggu.

\"Alhamdulillah pertama kali buka Bazar berhasil menjual barang-barang tersebut senilai Rp2 juta, baik berupa sepatu second atau barang-barang second lainnya,\" jelasnya.

Saat ini, bazar pun sudah memasuki pekan ke-3. Dari 3 pekan tersebut, dana yang terkumpul untuk renovasi Masjid Ukhwatul Ummah sebesar Rp5 juta. Sementara dari dana yang terkumpul saat ini, sebagian telah didonasikan kepada kaum dhuafa yakni seorang nenek jompo bernama Nokia (75) yang tinggal di Blok Kebon Jero Desa Kalikoa. Tempat tinggalnya beberapa waktu lalu ambruk dan kini dibantu melalui donasi yang terkumpul. \"Alhamdulillah dengan dana yang ada, kami bisa membantu merenovasinya,\" terangnya.

2

Pihaknya pun berharap masyarakat umum bisa ikut mendukung gerakan ini dengan ikut berpartisipasi mendonasikan barang-barang layak pakai atau langsung menghadiri stand bazar yang berlangsung di Car Free Day Bima setiap hari Minggu. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait