Cegah Corona, Petugas Pelayanan Disdukcapil Pakai Masker

Jumat 06-03-2020,08:45 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN - Para petugas Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan yang bertugas di meja pelayanan melengkapi diri mereka dengan alat pelindung berupa masker, kemarin (4/3). Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan penularan virus corona yang akhir-akhir ini marak.

Terpantau, mereka yang mengenakan masker adalah para petugas yang bekerja di meja pelayanan dokumen kependudukan seperti pembuatan e-KTP, KK dan Akta Kelahiran hingga petugas perekaman data. Meski terlihat tak biasa, namun pelayanan tetap berjalan normal tanpa kendala.

Kepala Disdukcapil Drs H KMS Zulkifli MSi mengatakan, pemakaian masker bagi petugas tersebut mulai dilaksanakan pada Rabu (4/3) menyusul penetapan status Jabar Siaga 1 Corona. Menurut Zul, mereka yang diprioritaskan mengenakan masker adalah petugas yang bekerja di bagian pelayanan yang berinteraksi langsung dengan masyarakat.

\"Petugas pelayanan di depan adalah bagian paling berisiko karena berhubungan langsung dengan masyarakat. Karena kita tidak tahu mereka yang datang menguruskan dokumen kependudukan tersebut apakah pernah ke luar negeri atau tidak, apalagi tidak sedikit warga Kuningan yang menjadi perantau di kota besar yang banyak berinteraksi dengan pihak luar,\" ungkap Zul kepada Radar, kemarin.

Selain mengenakan masker, lanjut Zul, pihaknya juga mengimbau kepada para petugas di bagian pelayanan untuk menghindari kontak fisik seperti bersalaman. Karena, menurut Zul, bersalaman juga bisa menjadi salah satu cara penularan virus corona yang mematikan.

\"Ini untuk melindungi petugas kami dari tertular penyakit akibat virus corona atau Covid 19. Karena penularan virus corona bisa terjadi jika jarak seseorang dengan penderitanya kurang dari 1 meter, atau dari kontak fisik seperti bersalaman kemudian tanpa disadari tangan kita mengusap wajah atau hidung kemudian terhirup melalui saluran pernapasan,\" ungkapnya.

Dengan cara tersebut, Zul berharap, penularan penyakit virus corona tidak menjangkiti para pegawai di Disdukcapil. Zul menambahkan, pemakaian masker bagi petugas pelayanan Disdukcapil tersebut akan berjalan setiap hari hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

2

\"Meskipun keberadaan masker sekarang sudah sulit ditemukan baik di apotek maupun mini market, namun kami akan berupaya maksimal mencarinya. Atau saat kondisi darurat, bisa dengan menggunakan tisu basah atau lainnya,\" pungkas Zul. (fik)

Tags :
Kategori :

Terkait