HPSN, DLH Bagi-Bagi Tong Sampah di CFD

Selasa 10-03-2020,03:08 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

KUNINGAN – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2020, jajaran petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kuningan membagi-bagikan tong sampah kepada para pedagang di area Car Free Day (CFD), Minggu (8/3).

Kegiatan bagi-bagi tong sampah ini merupakan rangkaian dimulainya peringatan HPSN tahun 2020. Acara dibuka langsung Bupati H Acep Purnama SH MH di area CFD Jalan Siliwangi, tepat di depan Pendopo Kuningan pukul 7.30 WIB.

Dalam sambutannya, bupati mengajak seluruh warga Kabupaten Kuningan untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara menjaga hidup sehat dan tertib dalam memilah sampah dan membuang sampah pada tempatnya. Dengan memilah sampah selain bermanfaat ekonomis, kata bupati, juga memudahkan untuk pengangkutan, serta dapat menambah umur panjang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kabupaten Kuningan.

“Dengan hidup tertib untuk membuang sampah pada tempatnya atau tidak membuang sampah sembarangan, maka akan menjaga lingkungan kita tetap bersih dan lestari. Selain itu, juga akan mencegah bahaya banjir dan bencana alam lainnya,” kata Acep.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan DLH Kuningan Aman SE, dalam kesempatan itu mengimbau para pengunjung CFD dan para pedagang agar tetap berdisiplin membuang sampah pada tempatnya alias tidak membuang sampah sembarangan. Himbauan it uterus dilakukan di area CFD yang dikerumuni banyak pengunjuk, termasuk juga cukup banyak pedagang.

“Kami mengimbau kepada masyarakat pengunjung CFD dan juga para pedagang, agar tetap menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Karena itulah kami juga membagi-bagikan tong sampah di area CFD ini,” kata Aman didampingi Kepala UPTD TPA Ciniru, Dedi Magrib.

Setelah acara pembukaan oleh Bupati Kuningan, seluruh karyawan DLH berikut juga pasukan kuning (petugas kebersihan, red) dibantu oleh sejumlah anggota Pramuka Saka Bhayangkara, melakukan long march sepanjang Jalan Siliwangi dimulai dari depan Pendopo Kuningan hingga ke Taman Kota (Tamkot) Kuningan.

2

“Kami long march dari depan Pendopo sampai Taman Kota untuk melakukan penyisiran sampah di area Car Free Day. Di sepanjang Jalan Siliwangi ini kami juga membagikan keranjang tempat sampah ke para pedagang,” ujar Aman.

Selain itu, masih kata Aman, di sepanjang jalan tersebut jajarannya juga melakukan wawar melalui pengeras suara untuk mengedukasi dan mengajak kepada masyarakat tetap menjaga kebersihan. Dalam wawar itu, pihaknya mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat dan tertib dalam membuang sampah, buanglah sampah pada tempatnya, dan kurangi penggunaan bahan plastik yang hanya akan menghasilkan sampah.

 “Untuk para pengunjung CFD, buanglah sampah pada tempatnya, untuk para pedagang, sediakanlah tempat sampah di sekitar tempat dagangan. Sedangkan untuk para pengusaha atau pemilik toko, dan counter HP, jangan sebarkan brosur/pamplet/iklan toko secara sembarangan, sehingga berserakan di jalan,” imbaunya.

Menjaga kebersihan lingkungan, kata Aman, merupakan tanggung jawab bersama, dan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan atau pasukan kuning yang sehari-hari tanpa mengenal waktu selalu siap siaga di lapangan.

Aman menjelaskan, rangkaian HPSN di Kabupaten Kuningan akan dilanjutkan Rabu lusa (11/3), yakni dengan m74*elaksanakan Program Kali Bersih (Prokasih) yang akan melibatkan sejumlah pihak, diantaranya unsur SKPD, Kodim, Koramil, Polsek, LSM-LSM Pencinta lingkungan, dan unsur lainnya.

“Untuk kegiatan Prokasih hari Rabun anti, kalau tidak ada perubahan tempatnya akan dilaksanakan di ruas sungai Citamba,” pungkas Aman. (muh)

Tags :
Kategori :

Terkait