Kesiapan Sekolah Antisipasi Dini Covid-19, Bukan Takut Tapi Waspada

Selasa 10-03-2020,15:30 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

PHBS: Siswa mempraktekan cara mencuci tangan yang baik untuk mengurangi kuman, Senin (9/3).

FOTO: OKRI RIYANA/RADAR CIREBON

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Pertama, melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya PHBS. Seperti mengkonsumsi sayur dan buah, istirahat cukup, mengolah stres, atau aktivitas fisik seperti mencuci tangan dengan air sabun. \"Itu harus menjadi keseharian kita,\" kata Netty, yang memiliki ruang lingkup tugas di Komisi IX di  Bidang Kesehatan, Ketenagakarjaan, dan Kependudukan itu.

Netty mengatakan, semua harus sama-sama bisa menjaga kondusivitas lingkungan agar tidak terjadi panict attact. Jika itu terjadi, kata dia, membuat masyarakat menjadi irasional yang disebabkan oleh informasi yang tidak memadai. \"Sehingga mereka memborong masker, memborong komoditas pangan, dan itu sebetulnya tidak perlu, tidak korelasi langsung dengan upaya mencegah dan menangkal corona,\" tegasnya.

Ia pun menitipkan pesan kepada pemerintah untuk melakukan perbaikan manajemen komunikasi informasi dan edukasi untuk masyarakat agar tidak menimbulkan kegaduhan. Mengingat pemerintah punya sumber daya dalam bentuk media, agar pemerintah bisa memberikan informasi yang akurat, tepat dan dapat di percaya. (ade)

Tags :
Kategori :

Terkait