Ratusan Kung Mania Ikuti Danlanal Cup 2020

Senin 16-03-2020,17:00 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

CIREBON - Ratusan Kung Mania atau pecinta burung perkutut berkumpul di Lapangan Tubono Komplek TNI AL Jalan Cipto Mangunkusumo, Minggu (15/3). Mereka datang dari berbagai wilayah seperti Jawa Barat, DKI Jakarta dan Jawa Tengah untuk mengikuti liga perkutut  yang bertajuk Danlanal Cup 2020.

Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI) Kota Cirebon, H Abdul Azis Syah mengatakan, lomba ini merupakan liga regional yang diikuti oleh 250 peserta. Ada beberapa kategori yang dilombakan, yakni Kelas Piyik, Kelas Piyik Junior dan Kelas Dewasa.

“Alhamdulillah pesertanya datang bukan hanya dari Cirebon, tapi juga dari daerah sekitar juga seperti dari Jakarta dan Jawa Tengah,” kata Abdul Azis, kepada  Radar Cirebon.

Kegiatan tersebut dibuka dengan penampilan Tari Topeng. Liga Perkutut merupakan sebuah ajang kompetisi para pecinta kicauan perkutut dengan tujuan untuk melestarikan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Ke depannya, pihaknya juga akan kembali mengadakan liga sejenis karena sudah menjadi kegiatan rutin.

Menurutnya, ketika burung perkutut semakin dicintai masyarakat, nilai ekonominya tentunya akan muncul. Seperti halnya pengembangan penangkaran burung perkutut itu sendiri, sampai dengan hal paling kecil seperti halnya para pedagang.

Selain itu, liga yang digelar dan berhasil mendatangkan peserta dari berbagai daerah, adapula manfaatnya untuk bidang pariwisata. Banyak peserta yang datang dari luar daerah menginap di hotel dan berwisata di Kota Cirebon. “Kita juga memperkenalkan busaya Cirebon, yaitu Tari Topeng saat pembukaanya,” pungkasnya. (awr)

Tags :
Kategori :

Terkait