Tiga Menteri Diserang Hoax Isu Positif Covid-19 Kembali Dibantah

Senin 16-03-2020,21:30 WIB
Reporter : Agus Rahmat
Editor : Agus Rahmat

JAKARTA-Kabar sejumlah menteri terinfeksi Virus Corona menyebar sejak pagi, kemarin (15/3). Spekulasi pemberitaan media online pun mengarah pada tokoh-tokoh penting pasca Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Covid-19.

Sejumlah menteri terdampak kabar tersebut yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga memastikan bahwa Menteri BUMN Erick Tohir aman dari virus corona (Covid-19). Pernyataan ini dikeluarkan Arya setelah hasil tes kesehatan Erick di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta keluar.

“Hasil dari tes yang dilakukan di RSPAD kepada Pak Menteri, Pak Et hari ini sudah diberikan bahwa beliau tidak ada masalah dan sehat, dan tetap beraktivitas seperti biasa,” jelas Arya, Minggu (15/3).

Dikatakan Arya bahwa Menteri Erick tetap akan menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dan bekerja seperti biasanya. “Beliau tadi mengatakan, bahwa beliau akan tetap bekerja setiap hari,” kata Arya.

Erick juga memastikan bahwa Kementerian BUMN tetap berjalan dengan baik. Dan seluruh BUMN akan bekerja untuk memenuhi seluruh operasional yang ada selama ini serta berperan aktif melawan penyebaran Virus Corona.

”Seluruh BUMN ditugaskan yang berhubungan dengan kepentingan publik terus dilakukan, PLN dan sebagainya tetap bekerja. Tetapi selain itu hal-hal lain juga dikerjakan oleh operasional biasa di BUMN, tapi tetap berjaga dan mengikuti apa yang sudah disampaikan oleh Presiden,” jelas Arya.

2

Menteri Erick bersama istri melakukan tes di RSPAD Gatot Subroto bersama dengan menteri Kabinet Indonesia Maju lainnya Minggu (15/3). Erick sendiri menyatakan, dia terakhir kali bertemu Budi Karya pada rapat terbatas di Kantor Presiden, Rabu (11/3). Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dan diikuti sejumlah menteri. Hadir pula Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjono. ”Saya duduk di seberang Pak Budi Karya,” kata Erick.

Sebaliknya, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyambut baik perhatian dan doa atas kondisi kesehatannya namun kurang tepat jika dikatakan bahwa diduga terpapar Covid-19 dan sedang mengisolasi diri. ”Terima kasih atas perhatian dan doanya,” kata Biro Humas dan TU Pimpinan Kementerian PPN/Bappenas dalam keterangan tertulisnya.

Suharso sendiri diambil sampel darahnya pada Minggu (15/3) di Bali untuk dilakukan pengujian sebagai upaya antisipatif dan preventif terhadap virus corona karena para menteri Kabinet Indonesia Maju beserta istri atau suaminya diarahkan untuk melakukan tes Covid-19.  

“Saya berharap berharap wabah Covid-19 dapat segera diatasi bersama di Indonesia dan dunia melalui dukungan seluruh komponen bangsa dengan mengedepankan bersikap tenang namun waspada serta saling membantu dan menghargai,” terang Suharso.

Selain Erick Tohir dan Suharso, Tito pun tak luput dengan serangan informasi hoax yang menyebar. Yang menarik dalam sebuah berita online tersebut Tito Karnavian, terlihat mendatangi RSP Persahabatan dan informasi tersebut menjadi bahan pertanyaan terkait kesehatan dia dan istrinya, Tri Suswati.

”Bapak Mendagri dan ibu, alhamdulillah saat ini dalam kondisi sehat walafiat dan tidak benar apabila ada informasi bahwa beliau sakit, mari kita lawan hoax,\" jelas Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri, Bahtiar.

Senada dengan itu, Staf Khusus Menteri Dalam Negeri, Kastorius Sinaga, membenarkan Tito Karnavian dan istri masih sehat walafiat.

Sebetulnya, kata Sinaga, Tito Karnavian berkunjung ke RS Persahabatan dalam rangka melayat kepada keluarga almarhum Ketua Pusat Pelaporan Analis dan Transaksi Keuangan (PPATK), Ki Agus Ahmad Badaruddin.

Tags :
Kategori :

Terkait