Pemkab Cirebon Masih Tunggu Alat Rapid Test

Kamis 26-03-2020,12:39 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

SUMBER - Sudah sekitar 8 orang yang mendatangi posko Covid-19 untuk memeriksakan diri atau sekedar berkonsultasi terkait kondisi kesehatanya.

Namun demikian, posko covid-19 Kabupaten Cirebon belum bisa melakukan tes virus corona karena masih menunggu alat medis untuk melakukan rapid test yang sampi dengan saat ini belum datang.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara gugus tugas pennggulangan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Nanang Ruhyana Kamis (26/3).

Menurut Nanang, screening yang dilakukan di posko covid-19 saat ini masih bersifat umum yakni melihat dan memeriksa kondisi fisik yang bersangkutan serta wawancara dan menganalisa historis perjalanan dalam 14 hari terakhir.

\"Untuk pemeriksaan detail menggunakan rapid test belum bisa kita lakukan karena kita masih menunggu alat, mungkin dalam beberapa hari kedepan datangnya. Sekarang kalau ada yang datang kita lakukan pemeriksaan standar dan wawancara, kalau perlu tindak lanjut baru kita rujuk,\" ujarnya.

Nanang menjelaskan, tidak seluruh masyarakat dilakukan pemeriksaan dengan rapit test. rapid test sendiri akan dilakukan kepada orang-orang dengan prioritas karena masuk daftar ODP dan PDP serta ODR (orang dengan resiko).

\"Kebijakan yang ada sementara ini baru untuk orang dengan prioritas saja seperti PDP, ODP dan ODR, kita masih menunggu perkembangan, kalau jumlahnya memadai bisa juga kita lakukan,\" imbuhnya.

2

Sementara itu, dari pantuan Radar Cirebon. saat ino sejumlah petugas di Posko Covid-19 mulai melakukan sejumlah persiapan dengan memasang plang dan spanduk yang berisi arahan dan petunjuk bagi masyarakat yang hendak memeriksakan diri. (dri)

Tags :
Kategori :

Terkait